Candi Gedong Songo dan Panorama Gunung Ungaran

2 min read

candi gedong songo ungaran

Candi Gedong Songo berdiri megah di lereng Gunung Ungaran. Pemandangan indah di lokasi situs candi Gedong Songo ini juga tidak perlu disangsikan lagi mengingat banyaknya pepohonan pinus dan taman bunga. Kita bisa mencoba berkuda menyusuri hutan pinus atau sejenak bersantai di taman bunga. Untuk mencapai situs candi Gedong Songo ini akan diperlukan waktu 1 jam perjalanan dari kota Semarang. Dengan ketinggian 1.200 mdpl, candi ini dibangun dengan mengikuti kontur lereng gunung Ungaran.

candi gedong songo

Bentuk candi yang berderet dari bawah ke atas bukit merupakan ciri candi Hindu di kompleks candi Dieng. Hal ini diyakini berkaitan dengan kepercayaan masyarakat setempat bahwa semakin tinggi suatu tempat maka akan semakin suci karena serupa dengan tempat tinggal dari para dewa. Atap candi Gedong Songo berundak-undak dengan hiasan Kala Makara di area gawang dan relung pintu. Bagian candi Gedong Songo sendiri terbagi menjadi tiga yaitu kaki, tubuh serta atap bangunan. Nama Gedong Songo sendiri diambil dari sejarah candi gedong songo yang semula terdiri atas 9 kompleks bangunan.

Sayangnya, sekarang ini hanya tersisa 5 kompleks candi, sedangkan keempat candi lain sudah tidak terlihat lagi. Perjalanan menyusuri candi yang menanjak akan sangat menguras tenaga. Untungnya, saat lelah kita bisa beristirahat di kolam air hangat yang ada disekitar situs candi. Belum lagi hamparan pemandangan indah deretan pegunungan serta rawa pening yang mempesona.

baca juga : Candi Muara Takus, Kemegahan Masa Lalu Koto Kampar

 

Pilihan Aktivitas Mengasyikkan Di Candi

  • Melakukan Wisata Sejarah Dan Arsitektur

Bagi pecinta sejarah, candi hindu yang satu ini sangat mirip dengan kompleks percandian yang ada di daerah Dieng.

  • Trekking

Lokasi candi yang ada di lereng gunung ungaran bisa menjadi jalur trekking yang menyenangkan. Deretan pohon pinus yang ada pastinya akan menyajikan pemandangan indah dan panorama yang menyejukkan.

  • Berkuda

Bayangan kesempatan untuk bisa berkuda di hamparan hutan pinus akan sangat mengasyikkan. Kita bisa menunggang kuda menyusuri situs candi layaknya para pemain dalam serial drama sejarah di masa lalu.

  • Berendam Air Panas Atau Camping

Kolam pemandian air panas dengan kandungan sulfur di dalamnya bisa menjadi terapi alami untuk menyembuhkan sakit kulit. Camping dan bermalam di area candi bisa memberikan sensasi pengalaman yang tidak terlupakan dengan bermalam di bawah taburan bintang dan bulan.

sejarah candi gedong songo

Rute Ke Candi Gedong Songo

Sayangnya tidak ada angkutan umum yang melayani trayek ke candi gedong songo. Oleh karena itu akan lebih baik jika kita membawa kendaraan pribadi. Dari arah Semarang kita bisa mengikuti jalan ke bawen dan Solo. Saat sampai di pom bensin Lemah Abang di kiri jalan, kita hanya harus belok kanan ke arah Bandungan. Setibanya disini kita tinggal mengikuti petunjuk menuju candi Gedong Songo. Jika kita datang dari arah Magelang dan Yogyakarta maka bisa mengambil arah Bandungan saat tiba di pertigaan Ambarawa atau toko Pauline.

 

Harga tiket masuk candi Gedong Songo

Tiket masuk di lokasi ini masih terhitung terjangkau karena berada di kisaran 6 ribu rupiah untuk weekday dan 7.500 di weekend dan hari libur. Menikmati kolam air hangat cukup membayar biaya 5 ribu rupiah saja. Ingin menyewa kuda, harganya berada di kisaran 30 ribu sampai dengan 80 ribu sesuai dengan varian paket yang dipilih. Untuk wisatawan mancanegara ditetapkan harga yang lebih mahal yaitu 40 ribu sampai dengan 100 ribu. Situs candi ini dibuka setiap hari mulai dari pukul 6.15 pagi sampai dengan pukul 5 sore.

candi gedong songo ungaran

Tempat Wisata Di Sekitar Candi
  • Umbul Sidomukti

Disini ada kolam renang alami di ketinggian lebih dari 1000 mdpl. Selain berenang, kita juga bisa menjajal berbagai aktivitas outdoor menantang seperti ATV, flying fox, marine bridge dan rapelling.

  • Bandungan

Di lokasi wisata yang satu ini kita bisa menyusuri jalan sambil menikmati sejuknya udara pegunungan. Selain berjalan-jalan kita juga bisa mengunjungi pasar bunga dan mengunjungi kapel berdinding kaca yang indah.

  • Museum Kereta Ambarawa

Disini kita bisa melihat berbagai koleksi lokomotif tua yang berusia lebih dari satu abad. Tidak hanya sekedar melihat-lihat, kita juga bisa menaiki kereta uap menyusuri perbukitan dan tepian Rawa Pening.

  • Rawa Pening

Rawa pening adalah telaga dengan panorama perbukitan. Ada spot bukit cinta di kawasan Banyu Biru. Kita bisa mencoba menaiki perahu untuk berkeliling danau atau ber-selfie ria di kawasan sumurup dekat jembatan tuntang.

One Reply to “Candi Gedong Songo dan Panorama Gunung Ungaran”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *