Candi Mendut-Sejarah, Lokasi dan Rute

3 min read

Wisata Candi Mendut

Candi mendut – Candi di desa Mendut, Mungkid, Magelang adalah salah satu candi Buddha yang termasyhur. Candi ini disebut memiliki kaitan kuat dengan candi pawon dan mendut karena berada pada satu garis yang lurus dari arah utara hingga ke selatan. Candi mendut dibangun pada masa dinasti Syailendra pada tahun 824 masehi sesuai dengan yang tertuang pada prasasti karangtengah. Dalam prasasti ini disebutkan bahwa raja Indra dari dinasti Syailendra telah membangun sebuah bangunan suci bernama Wenuwana yang berarti hutan bambu. Tidak hanya itu, candi ini bahkan diperkirakan memiliki usia yang lebih tua dibanding candi Borobudur.

lokasi candi mendut

Terletak di 3 km arah timur dari candi Borobudur, candi ini memiliki bentuk segi empat dengan atap bertingkat berhiaskan stupa-stupa kecil. Tinggi candi adalah 26,40 m dengan dinding kaki candi berhias 31 buah panel berisi relief cerita, pahatan bunga serta sulur-sulur indah. Candi ini juga dilengkapi dengan saluran pembuangan air yang disebut dengan jaladwara sebagai ciri khas candi jawa tengah. Atap candi terdiri dari 3 kubis dan dikelilingi oleh 48 stupa kecil. Dinding di bilik penampil memiliki relief kuwera atau avataka dan hariti. Relief kuwera di pahatan dinding utara sementara relief hariti di dinding selatan.

baca juga : Sejarah Candi Prambanan

 

Candi mendut dan kisah tobatnya raksasa Kuwera

Kuwera adalah seorang raksasa pemakan manusia yang akhirnya bertobat setelah bertemu dengan Buddha. Setelah kembali ke jalan yang benar maka kuwera menjadi dewa kekayaan dan juga pelindung bagi anak-anak. Tidak hanya ditemukan di candi mendut, relief kuwera dan hariti juga banyak ditemukan di berbagai candi Buddha tantrayana lainnya seperti candi sewu, candi banyuniba dan kalasan. Relief kuwera dan hariti seringkali digambarkan sedang duduk sambil dikelilingi anak-anak dan pundi uang.

 

Nilai moral yang terlihat pada candi

Candi mendut memiliki tinggi 3.70 m dan berhias panel relief di sekitar kaki candi. Relief-relief ini berkisah tentang burung dan kura-kura, brahmana dan kepiting serta kera dan burung manyar. Meski terlihat lucu namun relief ini sebenarnya memiliki kisah yang bernilai moral tinggi melalui kisah Jataka. Di badan candi ada relief bodhisatwa dengan beragam sikap tangan. Di bilik candi ada tiga buah arca setinggi 3 meter dengan cahaya keemasan dan semerbak wangi bunga bercampur hio.

Arca-arca di bilik candi ini adalah arca Dyani Buddha Cakyamuni atau Vairosana dan Bodhisatya Vajrapani. Pahatan indah dengan media batu utuh membuat arca besar sang Buddha nampak gagah dan membawa kita kepada kebesaran sejarah masa lalu. Tidak jauh dari lokasi candi ada buddhist monastery yang terbuka untuk umum. Di jalan masuknya ada kolam dengan keindahan teratai yang bermekaran serta sejumlah stupa. Setiap malamnya sekitar pukul 7 sampai dengan 8 malam akan ada ritual chanting atau meditasi sambil mendengarkan musik serta nyanyian.

Wisata Candi Mendut

Rute menuju candi Mendut

Candi ini memiliki akses yang sangat terjangkau karena letaknya yang berada di dekat jalan raya. Dari candi Borobudur, candi ini hanya berjarak sekitar 3 km arah timur sementara dari candi pawon adalah 1,5 km arah utara. Dari kota Yogyakarta kita tinggal menyusuri jalan raya Yogyakarta dan Magelang sampai tiba di daerah kecamatan Mungkid. Cari pertigaan dengan lampu lalu lintas dan papan besar dengan penunjuk arah ke candi Borobudur. Belok ke arah kiri dan ikuti terus jalan beraspal yang ada sampai menemui candi Mendut di sisi kanan jalan. Untuk jaraknya sendiri, dari Yogyakarta ke Mendut menempuh lebih kurang 37 km selama sekitar 45 menit perjalanan.

Jam operasional candi mendut sendiri adalah setiap hari mulai dari pukul 6 pagi sampai dengan 5 sore. Untuk tiket candi mendut akan dikenakan biaya sebesar Rp. 3.500 per orang. Tiket parkir besarannya bervariasi tergantung pada kendaraan yang kita gunakan. Sepeda motor akan ditarik biaya sebesar Rp. 1.000 sedangkan untuk mobil sedan akan dikenakan biaya Rp. 3.000. Untuk kendaraan jeni bis akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp. 7.000.

candi mendut

Obyek wisata di sekitar candi

  • Gereja ayam

Gereja yang satu ini diberikan nama unik ini karena bentuknya yang memang menyerpai seekor ayam sedang duduk dengan mahkota di atas kepalanya. Kepopuleran gereja ini dimulai sejak penggunaanya sebagai salah satu latar belakang scene di film AADC 2. Bangunan gerejanya sendiri memiliki 4 tingkat dimana di tingkatan teratas akan menyajikan pemandangan alam yang sangat indah. Dengan jarak hanya 2,5 km dari candi Borobudur dan tiket masuk Rp. 5.000 saja maka tak heran jika wisatawan selalu ingin berkunjung kesini.

  • Bukit tidar

Bukit tidar memiliki deretan phon pinus yang indah. Di dalamnya ada sebuah makam keramat yang dipercaya sebagai makam Syekh Subakir yang merupakan penakluk bukit. Di dekat makam pertama akan ada makam milik Kyai Sepanjang yang merupakan tombak Syaikh Subakir dengan panjang sampai 7 meter.

  • Candi Borobudur

Sebagai candi yang paling terkenal di dunia maka kita wajib mengunjungi candi yang dibangun pada abad ke 18 Masehi oleh dinasti Syailendra ini. Di lokasi ini kita akan bisa menemukan ratusan arca dan relief yang indah. Puncak candi berisi arca besar dengan 72 stupa kecil di sekelilingnya. Kepercayaan yang berkembang adalah jika kita bisa menyentuh tangan arca maka akan bisa terkabul semua keinginan.

  • Candi pawon

Bangunan candi ini ditemukan ada abad ke 20.  Di candi ini ada banyak hiasan pohon hayati sebagai simbol kalpataru yang diapit oleh kinara-kinari yaitu makluk berbadan burung dan berkepala manusia dengan pundi-pundi

  • Ketep pass

Gardu pandang ini memiliki luas lahan sebesar 8000 meter persegi. Ada juga museum vulkanologi di dalamnya tentang aktivitas gunung merapi. Tidak hanya itu, disediakan juga teater mini untuk memutar film sejarah gunung merapi.

  • Punthuk setumbu

Bukit yang satu ini juga populer berkat digunakan sebagai latar belakang film AADC 2. Menyaksikan matahari terbit dan tenggelam adalah daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung kesini. Tidak hanya bisa menyaksikan gunung merapi dan juga merbabu, puncak punthuk setumbu juga akan memberikan kita siluet candi borobudur yag megah.

One Reply to “Candi Mendut-Sejarah, Lokasi dan Rute”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *