Candi Muara Takus, Cerminan Kemegahan Koto Kampar

2 min read

candi muara takus jambi

Candi Muara Takus terletak di Riau tepatnya di desa Muara Takus, kecamatan Tigabelas Koto Kampar. Dari Pekanbaru, candi ini berjarak 128 km arah ke Sumatera Barat, sebelum memasuki situs candi, kita akan melewati jembatan baja dengan pemandangan indah danau PLTA Koto Panjang di sisi kanan dan kirinya. Bangunan candi Muara Takus akan terlihat setelah melewati desa Tanjung Alai, Gulamo, Batu Bersurat dan Koto Tuo.

candi muara takus jambi

Ada pagar besi berukuran 74 x 74 m mengelilingi bangunan candi Muara Takus dengan stupa berwarna kuning ini.Candi Muara Takus adalah candi Buddha karena memiliki stupa yang melambangkan Buddha Gautama. Bangunan utama yang dinamakan candi Tua adalah bangunan utama dengan ukuran 32,80 m x 21,80 m. Letak candi utama sendiri berada di sebelah utara dari candi Bungsu. Di bagian timur dan barat ada tangga yang dihiasi dengan stupa, bangunan berikutnya adalah candi Mahligai dengan tinggi mencapai 14,30 m.

Bagian yang ketiga adalah candi Palangka yang merupakan candi terkecil, yang terakhir adalah candi Bungsu yang terbuat dari batu pasir.Selain bangunan candi-candi di atas, di sebelah utara atau gerbang dari candi Tua terdapat onggokan tanah yang mempunyai dua lubang yang diperkirakan sebagai tempat pembakaran jenazah. Lubang yang ada satunya untuk memasukkan jenazah sementara lubang yang lainnya untuk mengeluarkan abunya.

baca juga : Kisah Legenda Percintaan di Candi Sukuh

 

Rute Ke Candi Muara Takus

Ada berbagai rute yang bisa dipilih jika kita ingin menuju candi Muara Takus  dari Pekanbaru. Total jarak yang diperlukan dari kota Pekanbaru menuju candi Muara Takus adalah sekitar 118 km. Dari Pekanbaru ke Bangkinang akan menempuh 60 km sementara dari Bangkinang ke kota Kuok sejauh 12 km. Kota Kuok ke Simpang Tiga Batu Bersurat akan bisa ditempuh dengan jarak 28 km sedangkan ke desa Muara Takus sendiri masih harus menempuh perjalanan sejauh 15 km. Desa Muara Takus ke candi Muara Takus sendiri akan berjarak 3 km.

candi muara takus

Candi muara takus juga bisa dicapai dari provinsi Sumatera Barat dengan jarak yang lebih jauh yaitu sekitar 230 km. Dari Pekanbaru ada berbagai pilihan menuju Muara Takus yaitu menaiki superben atau Mitsubishi L300 dari Pekanbaru ke Bangkinang. Jika mau kita juga bisa menaiki superben dari Pekanbaru ke Muara Takus secara langsung ataupun bermalam dahulu di kota Pekanbaru. Bermalam adalah pilihan yang tepat terutama jika kita tiba di pekanbaru menjelang malam hari mengingat angkutan umum pada jam tersebut tidak lagi beroperasi. Hal ini membuat bermalam dan menunggu pagi adalah satu-satunya pilihan.

Superben yang menuju kabupaten Kampar dimana lokasi candi Muara Takus berada tersedia di sekitar pasar Panam. Dari pasar Panam, kita bisa menaiki trans metro Pekanbaru, bis kota ataupun angkot. Ongkos untuk superben dari Pekanbaru ke Muara Takus adalah sebesar Rp. 70.000 per orangnya. Sementara ongkos superben dari Pekanbaru ke Bangkinang adalah Rp. 50.000 per orang. Sesampainya di Bangkinang, kita bisa bermalam dulu atau lanjut ke Muara Takus.

Jika tiba malam hari di bangkinang maka akan lebih baik bermalam dahulu mengingat angkutan umum di jam ini tidak lagi beroperasi karena hanya ada sampai dengan pukul 3 sore.  Untuk ongkos superben dari pasar Kuok adalah Rp. 25.000 per orang. Pilihan lain adalah dengan  menaiki bis damri yang nyaman dengan fasilitas AC. Menaiki bis medium milik DAMRI ini hanya perlu membayar tarif yang relatif murah yaitu 5 ribu rupiah untuk pelajar dan 10 ribu untuk umum.

candi muaro jambi

Tiket Masuk Lokasi Candi

Setiap pengunjung candi muara takus hanya perlu membayar tiket sebesar 5 ribu rupiah tanpa ada biaya tambahan lagi lainnya.

 

Wisata Di Sekitar Candi

  • Puncak Mahligai atau Mahligai Indah

Berlokasi tidak jauh dari Ulu Kasok, di tempat ini kita bisa melihat indahnya pemandangan gugusan pulau dari gardu pandang yang tersedia.Selain itu juga ada rumah pohon dengan latar belakang hutan dan danau.

  • Puncak Kompe

Tempat wisata yang satu ini sangat indah bahkan seringkali disamakan dengan Raja Ampat. Disini kita bisa menikmati keindahan pemandangan danau dan pulau kecil serta menyelam. Bagi para pecinat selfie bisa memanfaatkan dek sederhana atau beberapa ayunan langit.

  • Puncak Pukatan

Disini kita bisa menikmati pemandangan sekitar lewat gardu pandang yang disediakan. Selain itu, ayunan nirwana bisa juga dipilih oleh para pecinta kegiatan yang memicu adrenalin.

  • Ulu Kasok

Selain puncak Kompe, Ulu Kasok juga popular karena memiliki hamparan pemandangan indah layaknya Raja Ampat di Papua. Ada 3 pilihan wisata yang bisa kita nikmati disini antara lain air terjun, puncak ulu kasok dan berkeliling dengan speedboat. Meski indah namun perjalanan mencapai puncak membutuhkan tenaga yang lumayan ekstra karena harus berjalan kaki dan mendaki bukit sekitar 500 meter.

  • Green Canyon Gulamo

Di sungai Gulamo, ada bantaran sungai jernih dengan tebing terjal  dan pepohonan hijau. Pemandangan ini sangat mirip dengan Green Canyon di Colorado AS. Batu cadas dengan aliran air yang tenang disini membuat kita bisa menikmati beragam aktivitas mengasyikkan seperti river  tubing, berenang dan body rafting.

One Reply to “Candi Muara Takus, Cerminan Kemegahan Koto Kampar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *