Curug Cimahi, Air Terjun Bertingkat yang Alami

4 min read

curug cimahi

Curug Cimahi memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan ragam curug yang ada di Bandung. Bagaimana tidak, curug yang satu ini berlokasi persisi di pinggir jalan raya Kolonel Masturi serta dekat dengan Universitas Advent Bandung. Tidak hanya itu, dengan ketinggiannya yang mencapai sekitar 87 meter maka curug ini menjadi salah satu yang tertinggi di area Bandung serta sekitarnya. Penamaan Cimahi sendiri diambil dari nama sungai yang mengalir di atasnya.

curug cimahi
https://www.instagram.com/backpackerkurus/

Curug yang satu ini pastinya sangat sejuk mengingat keberadaannya yang ada pada 1050 mdpl dan bersuhu 18 sampai dengan 22 derajat celcius. Meski untuk sampai di lokasi curug kita harus menempuh perjalanan selama sekitar 15 menit dengan berjalan kaki namun semua jerih payah pastinya akan terbayar dengan keindahan yang ditawarkan oleh lokasi wisata curug ini. Meski demikian, kita tidak perlu terlalu khawatir karena jalam menuju lokasi curug telah ditata rapi dengan anak tangga.

Curug Cimahi sendiri memiliki keunikan yang khas yaitu jika dilihat dari atas akan terlihat seperti terdiri atas dua tingkat. Untuk bisa menikmati pemandangan curug dengan lebih bebas maka kita bisa menggunakan gardu pandang yang sudah disediakan. Akan lebih pas lagi jika mengunjungi curug ini saat malam hari karena sekiatr curug dihiasi dengan lampu warna-warni yang menambah nuansa keindahan dan romantisnya pemandangan di sekitar curug.

Lampu warna-warni yang tersedia berupan cahaya vertikal setinggi 71 meter yang terpancar disela-sela aliran air terjun. Cahaya ini berasal dari serangkaian lampu yang memang diinstalasi secara khusus tepat di bagian dinding belakang air terjun. Curug ini sendiri beralamat di Jl. Kolonel Masturi no 325, Bandung, Jawa Barat. Saat mengunjungi obyek wisata yang satu ini maka kita juga bisa sekaligus mengunjungi beragam obyek wisata lainnya yang banyak tersebar di sekitarnya.

baca juga : Curug Maribaya

Rute Menuju Curug Cimahi

  • Menggunakan kendaraan pribadi

Curug Cimahi sendiri berada di Desa Kertawangi, kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung dengan jarak sekitar 10 km dari kota Cimahi ke arah Lembang. Jika kita mengawali perjalanan dari pusat Bandung sendiri maka akan sampai di lokasi curug setelah menempuh perjalanan sekitar kurang lebih 45 menit dengan kendaraan bermotor. Khusus bagi pengunjung yang mengawali perjalanan dari kota Cimahi maka akan bisa tiba di curug ini setelah menempuh sekitar 30 menit perjalanan.

Jika memulai perjalanan dari arah Bandung maka bisa melalui jalur Lembang – Parongpong sejalur dengan rute menuju Dusun Bambu. Selain itu juga bisa melewati jalur Cihideung ke Cisarua dengan melalui Univeristas Pendidikan Indonesia arah sersan Bajuri. Baru setelah itu melewati Universitas Advent Indonesia menuju terminal angkot Cisarua. Begitu sampai di terminal maka kita akan bisa menemukan gerbang wisata Curug Cimahi yang berada tepat di sebelah terminal.

  • Menggunakan angkutan umum

Bagi para pengunjung yang menggunakan jasa angkutan umum bisa menaiki angkutan dengan jurusan Ledeng-Sukasari dari terminal Ledeng. Begitu sampai di terminal Sukasari atau depan Vila Istana Bunga maka bisa menempuh 15 – 20 menit perjalanan dengan berjalan kaki. Jika merasa kelelahan maka bisa menggunakan alternatif jasa angkutan umum yang banyak tersedia dengan biaya yang terjangkau.

Jika dari arah kota Cimahi maka akan sangat praktis jika menempuh perjalanan dari terminal pasar atas Cimahi dengan trayek Cimahi – Cisarua. Lain lagi jika memulai perjalanan dari kota Bandung maka bisa menaiki angkutan dengan jurusan St. Hall – Lembang dari arah stasiun kota baru kemudian dilanjutkan dengan mengambil angkutan umum dengan trayek Lembang – Cisarua baru turun tepat di depan pintu gerbang Wana Wisata Curug Cimahi. Cara lainnya adalah dari terminal Ledeng dan naik angkot jurusan Parongpong – Padalarang.

curug cimahi bandung
https://www.instagram.com/denasofian29/

 

Sarana dan Fasilitas

Sarana yang ada di lokasi curug cukup memudahkan pengunjung karena sudah disediakan tangga mengarah turun. Akan dibutuhkan waktu sekitar kurang lebih 15 sampai dengan 20 menit untuk bisa mengakses lokasi curug. Tidak perlu khawatir akan kelelahan saat menuruni tangga karena sudah disediakan banyak shelter dan juga rest area di sepanjang area tangga. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan pengunjung. Cukup untuk selalu mengingat agar menggunakan alas kaki yang nyaman.

 

Mitos yang berkembang di curug Cimahi

Berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat setempat, curug ini dahulu ditemukan oleh 3 orang yang bernama Jajang, Engkos dan juga Dani sekitar 31 tahun yang lalu. Ketiga orang inilah yang dipercaya sebagai perintis dan pembuka dari lokasi curug. Sementara itu, mitos yang beredar adalah kepercayaan bahwa pengunjung yang mendatangi lokasi curug bersama pasangan akan mengalami masalah dalam hubungannya sehingga tidak akan bisa menikah.

Lain halnya dengan pengunjung yang merupakan suami istri maka tidak akan mendapati masalah. Usut punya usut ternyata kepercayaan akan kandasnya hubungan ini tidak terlepas dari perbuatan yang dilakukan selama berada di lokasi curug. Segala perbuatan tidak baik yang dilakukan selama berada di sekitar curug pastinya akan membawa dampak buruk yang langsung bisa dirasakan oleh si pengunjung.

 

Harga Tiket Masuk Curug Cimahi

Harga yang dikenakan bagi pengunjung curug bisa dibilang sangat terjangkau yaitu hanya sekitar 15 ribu rupiah saja. Jika menggunakan motor akan dikenakan tarif parkir sebesar 2 ribu rupiah.

rute curug cimahi bandung
https://www.instagram.com/cimahi_banget/

Fasilitas di Area Curug Cimahi

Curug ini memiliki nama lain yaitu air terjun pelangi. Penamaan ini diambil dari pemandangan dan fitur lampu hias warna-warni yang menyala persis di bagian belakang air terjun di kala malam hari. Saat mengunjungi lokasi wisata ini, kita tidak perlu khawatir karena fasilitas yang ada sudah cukup lengkap antara lain mushalla, toilet, warung makan dan rest area. Lokasi tempat parkir juga sangat terjangkau dari sekitaran gerbang masuk sehingga wisatawan tidak perlu harus berjalan jauh.

Tidak hanya itu, beberapa dek baru juga ditambahkan untuk memudahkan para pengunjung yang ingin menikmati suasana di sekitar curug. Sistem sanitasi juga cukup bersih selain kondisi air yang juga bersih. Hal ini bisa dilihat dari keberadaan kupu-kupu dan capung jarum. Berbagai biota ini bisa menjadi pertanda bahwa tingkat kesehatan air di suatu lokasi itu sangat bersih. Satu lagi yang merupakan keunikan dari curug ini adalah lokasinya yang berada tepat di pinggir jalan raya.

Banyak yang mungkin tidak percaya jika curug yang  indah ini sebenarnya berada tepat di pinggir jalan raya. Hal ini dikarenakan lokasinya yang tertutupi oleh tebing dan juga rerimbunan pepohonan. Selain itu, disana juga akan banyak ditemui kelompok monyet liar yang tergolong lumayan jinak. Yang lebih menakjubkan adalah jika berkunjung di saat menjelang sore dan matahari sedang bersinar cerah maka kemungkinan akan bisa menemukan pelangi.

Tips dan trik berkunjung ke curug cimahi:

  • Bagi pencari momen yang romantis maka akan lebih tepat untuk mengunjungi lokasi air terjun ini saat malam hari tiba.
  • Biasanya saat weekend tiba, lokasi curug akan sangat dipenuhi oleh pengunjung. Karena itu, akan lebih baik jika berkunjung di saat hari-hari biasa atau senin sampai dengan jum’at.
  • Pakailah alas kaki yang nyaman karena setidaknya akan dibutuhkan tenaga untuk melewati sekitar 587 anak tangga dengan tingkat kemiringan sebesar 45 derajat. Biasanya akan dibutuhkan sekitar 30 menit waktu perjalanan untuk mencapai lokasi curug dari arah pintu gerbang.

 

Obyek Wisata Yang Berdekatan Dengan Curug Cimahi

Wisata alam yang satu ini bisa menjadi destinasi wisata yang tepat dengan beragam wahana yang ada di dalamnya. Belum lagi lokasinya yang bisa dicapai hanya dengan waktu tempuh sekitar 8 menit perjalanan. Di dusun ini kita bisa melakukan trekking bahkan downhill. Tidak hanya itu, di lokasi obyek wisata yang satu ini kita juga bisa hunting foto cantik dengan pemandangan alam sekitar yang menakjubkan. Untuk sarananya, ada banyak resort di sekitar lokasi yang bisa digunakan untuk sekedar melepas penat ataupun bermalam.

  • Curug Bugbrug

Air terjun tersembunyi yang satu ini mulai banyak dikenali sejak diliput oleh salah satu stasiun tv yang bertema petualangan alam. Sejak itu, curug yang hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 3 menit perjalanan dari curug cimahi ini mulai menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

  • Wisata Outbound Ciwangun

Wisata dengan tema outbound ini menyajikan beragam wahana outdoor yang menantang adrenalin. Lokasinya juga cukup terjangkau dari curug cimahi yakni hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 17 menit perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *