Curug Maribaya, Surga Alami di Lembang

4 min read

curug maribaya di bandung

Curug Maribaya adalah salah satu obyek wisata yang wajib dikunjungi saat berada di daerah Maribaya. Bandung memang dikenal memiliki beragam lokasi wisata alam dengan pemandnagan luar biasa. Disini, pengunjung akan memiliki destinasi wisata yang beragam. Salah satu contohnya adalah ciwidey di kabupaten Bandung, kawah putih, situ patenggang, pemandian air panas ciwalini dan ranca upas.

curug maribaya di bandung
photo by https://www.instagram.com/danboyz88/

Sementara itu, di Bandung timur ada caringin tilu, bukit teletubbies, bukit bintang, bukit gantole, bukit moko, wisata batu kuda manglayang, mountain breeze dan lainnya. Wisata alam populer lainnya yang tersebar di Dago bandung utara adalah dago dream park, dago pakar, tebing keraton. Wilayah bandung barat dikenal akan surga alami seperti gunung tangkuban perahu, gunung batu, gunung putri, gunung burangrang, taman begonia, jayagiri, wisata hutan pinus cikole dan juga curug maribaya.

Curug maribaya sendiri berlokasi di kampung cikondang, cibodas, lembang, kabupaten bandung barat. Lebih tepatnya, curug ini berada di dalam area taman wisata Maribaya atau sekitar 15 km dari pusat kota Bandung.  Dari daerah pusat kota, hanya akan dibutuhkan waktu sekitar kurang dari 1jam untuk tiba di lokasi obyek wisata ini. Selain itu, curug ini juga berdekatan dengan lokasi hits lainnya seperti the lodge maribaya ataupun cowboy de’ ranch.

baca juga : The Lodge Maribaya Bandung

Sejarah Curug Maribaya

Dahulu kala, kawasan mariabya ini dikenal sebagai lokasi yang terkenal akan pemandian air panasnya. Tidak hanya itu, keindahan alaminya juga tidak bisa dipungkiri mengingat lokasinya yang masih berada dalam kawasan hutan konservasi taman hutan raya juanda sehingga kealamiannya masih terjaga. Dahulu, kawasan ini dibiarkan apa adanya bahkan sempat mengalami penutupan di tahun 2015 untuk kepentingan renovasi.

Kini, dengan pengelolaan yang lebih baik maka konsep maribaya natural hot spring resort dihadirkan. Pengadaan fasilitas semakin lengkap untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Berbagai fasilitas ini antara lain adalah kawasan parkir yang lebih luas, toilet, musholla, pusat kuliner, resto, café, taman bahkan kebun binatang mini.

curug di bandung
photo by https://www.instagram.com/huntingtonch_md/

Legenda Curug Maribaya

Curug ini tidak terlepas dari legenda yang melingkupinya. Mulanya, ada seorang gadis bernama maribaya yang berparas cantik jelita. Kecantikannya membuat ada begitu banyak lelaki yang tertarik dan jatuh hati sehingga tidak jarang berujung pada pertengkaran dan juga pertumpahan darah. Ayah dari sang gadis yang bernama eyang raksa dinata begitu resah dengan keadaan ini karena tidak menginkan anaknya menjadi sumber dari pertengkaran.

Sang ayahanda akhirnya memutuskan untuk bertapa di tangkuban perahu. Dari pertapaannya ini, dia diberikan 2 bokor air oleh seorang kakek dan diharuskan untuk membawa masing-masing bokor ke arah barat dan juga timur. Sesuai dengan petunjuk yang didapat maka 1 bokor air ditumpahkan di daerah yang akhirnya sekarang dikenal sebagai situ lembang dan meminta anak gadisnya yang bernama Maribaya menumpahkan bokor air lainnya di lokasi yang tidak jauh dari rumah.

Ajaibnya, beberapa hari kemudian, lokasi untuk menumpahkan air di dekat rumah Maribaya menjadi sumber air panas. Lokasi ini kemudian ramai dikunjungi warga karena dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Hingga kini, area ini dikenal sebagai curug maribaya. Akhirnya, kehidupan Maribaya dan orang tuanya yang semula pas-pasan menjadi berkecukupan melalui pengelolaan sumber air panas.

 

Keunikan Curug Maribaya

Curug maribaya sebenarnya bukanlah curug tunggal melainkan kumpulan curug yang terdiri atas 3 curug kecil yairu curug cikawari, curug cikolelang dan curug cigulung. Dengan ketinggian lebih dari 15 meter dan air yang bersumber dari 2 aliran sungai yaitu sungai cigulung dan cikawari. Saat yang paling tepat untuk mengunjungi curug ini adalah di saat musim kemarau dimana aliran curug akan terlihat sangat jernih.

Jika berkunjung di musim penghujan justru akan mendapati air yang berwarna keruh dan kecoklatan karena sumber mata airnya yang berasal dari 2 aliran sungai di bagian atas. Tidak hanya itu, keindahan curug semakin terlihat dengan buih putih di kolam area bawah curug akibat hempasan air setinggi 15 meter. Belum lagi pemandangan di sekitar curug yang asri dan juga hijau. Biasanya, tempat favorit yang paling populer bagi pengungjung untuk bersantai dan bermain air adalah di curug cikawari yang dasar airnya cukup dangkal.

Ragam aktivitas yang bisa dilakukan di lokasi curug maribaya dan sekitarnya:

  • Bersantai menikmati sejuknya udara dan pemandangan di sekitar curug sembari menikmati kuliner khas berupa jagung bakar atau ketan bakar.
  • Berfoto ria dan mengabadikan momen di sky bridge tapak halimun Maribaya Bandung. Sky bridge tapak halimun sendiri adalah suatu jembatan yang berlokasi di sebelah kiri dari kawasan wisata maribaya.
  • Di sekitar kawasan wisata maribaya juga ada curug lain yang tak kalah indah untuk disinggahi yaitu curug omas.
  • Anda mancing mania? Cobalah untuk menikmati aktivitas memancing di kolam pancing yang terdapat di kolam telaga giri.
  • Berendam dan bersantai menikmati keasrian pemandangan di pemandian air panas maribaya bandung. Air panas yang terdapat di pemandian ini diyakini mampu untuk meningkatkan kesehatan mengingat kandungan belerang di dalamnya sangat bagus untuk terapi bagi kulit. Harga tiket masuknya memang bisa dibilang cukup mahal namun sebanding dnegan beragam fasilitas yang tersedia. Harga untuk kolam deluxe adalah 75 ribu per orang sementara untuk VIP dipatok dalam kisaran 150 ribu. Sedangkan untuk kamar berendam private tirta raga dibanderol di harga 90 ribu rupiah per orang.
  • Di kawasan maribaya juga terdapat tempat yang pas untuk memanjakan diri bagi ibu dan juga remaja putri. Tempat ini adalah foot spa yang tepat untuk merilekskan otot kaki yang merasa kelelahan. Foot spa atau kolam untuk merendam kaki ini bertarif 30 ribu rupiah per orang.
  • Menikmati keunikan dan sedapnya kuliner di twig café dan resto langlang buana. Twig café sendiri berada tepat di sisi curug maribaya. Selain itu juga ada food court langlang buana.
curug di lembang
photo by https://www.instagram.com/anawubardni/

Fasilitas Yang Tersedia di Kawasan Curug Maribaya:

  1. Tempat parkir yang luas dan nyaman.
  2. Mobil untuk antar jemput wisatawan dari area parkir ke lokasi wisata
  3. Toilet yang bersih dan nyaman
  4. Gazebo dan taman santai yang memiliki kemiripan konsep dengan rumah hobbit di farmhouse susu Lembang.
  5. rabbit hole mirip seperti yang ada di taman kelinci floating market atau taman kelinci ciwidey.
  6. mushola
  7. Food Court Langlang Buana
  8. Kolam tangkap ikan Talaga Giri
  9. Kolam pancing talaga giri
  10. Area barbeque Saung Iteung
  11. Kolam ikan air dingin
  12. Kolam rendam kaki air panas
  13. Kolam rendam air panas alam
  14. Twig cafe dengan kapasitas 250 orang
  15. Yoga hill swargaloka
  16. Kolam rendam VIP Tirta Sawarna

 

Tiket Masuk Curug Maribaya:

Harga yang dibanderol bagi setiap pengunjung yang ingin memasuki lokasi wisata ini adalah sebesar 35 ribu rupiah per orang.

 

Jam Operasional:

Curug ini dibuka setiap harinya pada pukul 8 pagi sampai dengan 10 malam.

 

Rute Menuju Lokasi :

  • Rute via Subang

Jika selama ini keluar dari pintu tol sadang maka sejak ada tol cipali bisa keluar di pintu tol kalijati. Jalus perjalanan yang dilalui adalah melalui tol cikampek – cipularang – tol cipali – keluar di pintu tol kalijati. Setelah keluar pintu tol lalu tinggal melanjutkan perjalanan ke subang – ciater – tangkuban perahu – lembang.

 

Obyek wisata di sekitar area curug maribaya:

  1. Wisata grafika cikole
  2. Bandung treetop adventure park
  3. Dusun bambu lembang
  4. Floating market
  5. kampung gajah wonderland
  6. kampung china bandung

 

One Reply to “Curug Maribaya, Surga Alami di Lembang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *