Green Canyon Bogor

2 min read

wisata bogor

Green canyon Bogor  atau yang lebih dikenal dengan curug leuwi lieuk memiliki pemandangan yang menakjubkan. Bayangkan saja, kita bisa menemukan pemandangan bawah air yang indah sekaligus menikmati gemericik suara air dan juga berenang. Meski terkenal akan keindahannya namun curug yang satu ini memiliki medan yang cukup sulit. Area medan menuju ke lokasi curug yang naik dan turun dengan cukup ekstrim akan lebih sulit lagi untuk dilewati ketika musim penghujan tiba.

wisata bogor
photo by https://www.instagram.com/furqonakbar1012/

Meski harus melewati medan yang cukup curam dan  terjal namun pastinya semua rasa lelah akan bisa terbayar lunas saat memasuki lokasi curug. Untuk fasilitasnya sendiri cukup memadai mengingat disini sudah tersedia ruang ganti, toilet dan juga warung penjual jajanan dengan harga yang terjangkau sekitar 2000 sampai dengan 10.000 saja. Di area curug sendiri ada beberapa kolam yang disediakan. Meski demikian, kolam di curug ini cukup dalam sehingga tidak disarankan untuk berenang sendirian bagi yang tidak mahir berenang.

Curug leuwi lieuk atau yang lebih dikenal dengan Green Canyon Bogor ini sebenarnya masih berdekatan dengan curug leuwi hejo. Berjarak sekitar 300 meter kearah timur dengan medan  yang sedikit lebih terjal. Jangan khawatir karena semua jerih payah selama perjalanan akan bisa terbayar lunas begitu sampai di lokasi curug ini.

baca juga : Green Canyon Karawang

Rute menuju lokasi Green Canyon Bogor

Jika kamu datang dari Jakarta, Depok ataupun Bekasi maka bisa melewati jalan tol Jagorawi sampai keluar di gerbang tol Sentul. Begitu memasuki  bunderan sentul nirwana ambil jalur belok kiri menuju Junglelang. Di bagian kanan pintu masuk Junglelang tinggal pilih jalan yang naik kemudian terus ikuti. Lanjutkan perjalanan sampai menemui pertigaan lalu ambil sisi kiri. Kira-kira setelah 5 jam perjalanan maka akan menemui petunjuk berupa banner bertuliskan curug leuwi hejo dan curug leuwi lieuk. Begitu menemukan banner ini maka kita tinggal mengikuti jalurnya saja.

Harga tiket masuk

Kita tidak bisa memasuki kendaraan langsung ke lokasi curug melainkan harus menitipkannya di tempat parkir. Untuk biaya parkirnya sendiri akan dikenakan sebesar 10 ribu untuk parkir motor dan 15 ribu rupiah untuk parkir mobil. Tiket masuk ke curug sendiri adalah sebesar 10 ribu untuk weekday dan 15 ribu di saat weekend. Bagi pecinta selfie maka mengunjungi lokasi curug ini juga sangat tepat. Di sekitar area curug terdapat banyak spot foto yang bisa digunakan untuk berselfie ria hanya dengan membayar biaya sewa sebesar 3 sampai dnegan 5 ribu rupiah.

green canyon bogor
photo by https://www.instagram.com/riski_alvarez21/

Rangkaian aktivitas yang bisa dicoba di lokasi 

  • Trekking

Sebenarnya, perjalanan untuk menuju lokasi curug ini sendiri sudah cukup menguras tenaga mengingat medan yang cukup ekstrim dengan rute naik turun. Betapa tidak, dari area tempat parkir sendiri kita harus menempuh jalur terjal naik dan turun selama 30 menit sebelum akhirnya sampai di lokasi curug leuwi lieuk. Bagi pengunjung mungkin mendengar lama waktu tempuh sekitar 30 menit akan merasa jengah.

Tapi jangan khawatir karena pemandangan di sisi kanan dan kiri selama perjalanan akan menyuguhkan hiburan eksotis tersendiri. Hal ini tentunya akan bisa menjadi teman perjalanan yang menyenangkan sehingga segala lelah tidak akan lagi terasa terlalu berat. Belum lagi ketika tiba di lokasi curug sendiri maka akan merasa bahwa segala jerih payah tidak akan terbuang sia-sia mengingat suguhan keindahan aliran sungai jernih dan bebatuan tinggi di sekitar curug.

  • Berenang

Berenang di tempat ini sangat menyenangkan mengingat kondisi air kolam yang masih sangat jernih dengan tingkat polusi yang sangat minim. Meski demikian, kita harus selalu berhati-hati karena kolamnya cukup dalam sehingga diperlukan kemahiran berenang. Belum lagi kondisi area kolam yang masih alami dan cenderung gelap saat sore hari sehingga akan sangat berbeda dengan berenang di kolam renang biasa.

green canyon bogor curug pangeran
photo by https://www.instagram.com/kikie_mr/
  • Menguji adrenalin dengan atraksi loncat dari tebing

Area curug memang diliputi dengan batuan yang tinggi hingga mencapai sekitar 6 meter. Untuk itu, kita bisa melakukan salah satu kegiatan yang memicu adrenalin seperti meloncati tebing. Meski terkesan ekstrim namun sebenarnya aktivitas yang satu ini cukup aman untuk dilakukan asalkan mengetahui teknik meloncat yang benar ataupun sudah memiliki pengalaman. Tidak perlu khawatir akan terantuk batu karena airnya lumayan dalam. Bagi para pemula sebaiknya tidak melakukan aktivitas sendirian melainkan mengajak orang yang sudah berpengalaman.

  • Selfie

Salah satu aktivitas yang biasanya dilakukan oleh para pengunjung tempat wisata adalah ber-selfie. Bagi para pecinta selfie tidak perlu khawatir sebab di lokasi curug banyak tersedia beragam spot selfie dengan latar belakang pemandangan alam yang sangat indah.

  • Bersantai menikmati pemandangan alam

Bagi yang merasa jenuh dengan kesibukan sehari-hari maka mengunjungi lokasi curug ini pastinya bisa menjadi arena refreshing yang menyegarkan pikiran. Suasana alam yang sejuk dengan memandang bebatuan, hijaunya dedaunan dan aliran sungai yang jernih pastinya akan bisa menenangkan pikiran.

One Reply to “Green Canyon Bogor”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *