Green Canyon Karawang

3 min read

green canyon karawang

Green Canyon Karawang, mungkin sebagian besar dari kita masih merasa asing begitu mendengar obyek wisata yang satu ini. Hal ini dikarenakan kita hanya mengenal grand canyon yang berada di Arizona, Amerika Serikat. Faktanya, destinasi wisata yang berlokasi di desa Kertajaya, kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat ini tidak kalah indah. tempat ini merupakan sebuah ngarai yang berhasil dibentuk akibat adanya erosi air sungai yang selama ratusan tahun telah menembus gua dengan stalaknit-stalaknitnya.

pintu green canyon karawang
photo by https://www.instagram.com/pendi_zhu/

Keindahan lokasi wisata yang satu ini ditambah lagi dengan adanya bukit bebatuan dan rerimbunan hijau pepohonan. Lokasi tepat dari obyek wisata ini terletak di kampung Tonjong Roke, desa Medal Sari, Kecamatan Pangkalan – Loji, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.  Dengan panjang area sekitar 100 meter, kita bisa menikmati keindahan tebing hijau setinggi 10 meter di kedua sisi sungai. Jika ingin menyusuri aliran sungai, pengunjung bisa berjalan kaki atau berenang. Bagi yang tidak bisa berenang bisa menyewa pelampung dan ban yang banyak tersedia dan disewakan oleh warga sekitar.

baca juga : tempat wisata di kota ciamis

Sejarah Green Canyon Karawang

Green Canyon karawang memilki nama asli Cukang Taneuh yang memiliki arti jembatan tanah. Penamaan ini diambil dari lokasi obyek wisata ini yang berada di atas sebuah lembah. Selain itu, penamaan ini juga tidak terlepas dari adanya jurang dan jembatan tanah selebar 3 meter yang menjadi penghubung antara Desa Kertayasa dan Desa Batukaras. Lokasi ini mulai dikenal dengan sebutan grand canyon sejak adanya seorang turis Perancis yang datang berkunjung di tahun 1993 dan menemukan kemiripan lokasi ini dengan grand canyon di Arizona.

green canyon karawang
photo by wisatabagus.net

Di lokasi wisata ini, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas antara lain berenang ataupun menyelam bagi yang mahir berenang. Bagi yang tidak bisa berenang juga tetap bisa menikmati keindahan alam yang ada dengan menyewa pelampung yang banyak disediakan serta mendapatkan panduan menyusuri sepanjang aliran sungai dari pengelola green canyon karawang.

Rute menuju lokasi

Kita bisa mengunjungi lokasi wisata ini dengan menempuh kurang lebih 2 jam perjalanan dari pusat kota Karawang dengan menggunakan kendaraan pribadi. Bagi yang tinggal di luar kota Karawang bisa menggunakan shuttle jurusan Bandung – Karawang yang bisa mengantarkan pengunjung point to point. Kemudian kita bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum dari Pangandaran menuju Cijulang. Setelah itu, lanjutkan dengan menaiki ojek menuju dermaga Ciseureuh kemudian menyewa perahu untuk menjelajahi green canyon karawang.

Tiket masuk

Tiket masuk ke lokasi wisata ini adalah sekitar 10.000 rupiah.

Berikut ini daftar harga beberapa aktivitas yang tersedia di green canyon karawang :

  • sewa Perahu 000
  • berenang/Perahu Rp100.000 – Rp200.000
  • body Rafting 000 per orang
  • river Tubing 000 per orang

Fasilitas

Lokasi yang satu ini memiliki beragam fasilitas antara lain toilet, tempat ibadah, restoran dan juga toko souvenir. Untuk penginapannya sendiri, terdapat beragam penginapan dan juga homestay bagi pengunjung yang berasal dari luar kota.

Jam operasional

Jam buka grand canyon setiap harinya dimulai pada pukul 07.30 sampai dengan 16.00 WIB. Sedangkan untuk hari Jum’at dibuka mulai pukul 13 sampai dengan 16 WIB.

Tips berwisata ke Green Canyon Karawang

Berwisata ke lokasi ini memang mengasyikkan namun alangkah baiknya jika kita mencermati beberapa tips berikut sebelum datang berkunjung:

Rute

  • Rute panjang yaitu jalur timur melalui kota Tasik, Ciamis, Banjar, Pangandaran, Parigi kemudian Cijulang dengan jarak tempuh sekitar 170 km.
  • Rute pendek melalui jalur selatan yaitu Tasik, Cipatujah, Cikalong, Cimanuk kemudian Cijulang dengan jarak tempuh sekitar 60 km.

Meski terkesan lebih pendek namun rute melalui jalur selatan sangat tidak disarankan untuk dilalui karena ramainya lalu-lalang truk pengangkut besi di jalur ini membuat perjalanan lebih lama. Belum lagi kerusakan jalan yang jelas terlihat di sepanjang rute sehingga membuat perjalanan akan lebih lama.

Waktu

Jika ingin puas menikmati pemandangan dengan segala macam aktivitasnya di obyek wisata ini maka sebaiknya menghindari kedatangan di akhir pekan. Hal ini disarankan mengingat di akhir pekan biasanya jumlah pengunjung akan mengalami peningkatan berkali lipat. Namun jika memang hanya akhir pekan waktu yang tersedia maka disarankan agar datang lebih pagi.

wisata karawang
photo by https://www.instagram.com/karawang.banget/

Selain itu juga sangat tidak disarankan untuk berkunjung saat musim penghujan tiba karena kemungkinan penutupan obyek wisata akibat peningkatan debit air juga sangat tinggi. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah di saat musim kemarau karena air sungai akan terlihat berwarna hijau, jernih dan juga tenang.

Biaya-biaya

Pengunjung yang ingin mengunjungi green canyon sebaiknya menyiapkan uang cash karena di tempat ini tidak tersedia fasilitas ATM. Sementara itu, alat transportasi satu-satunya menuju obyek wisata ini adalah dengan menggunakan perahu. Biaya sewa perahu sendiri adalah sebesar 125 ribu rupiah yang bisa diisi oleh maksimal 6 orang. Jika pengunjung ingin berenang maka akan dikenakan biaya tambahan. Untuk lebih menghemat biaya, akan lebih baik jika datang berombongan agar biaya sewa perahunya bisa lebih ringan.

Perlengkapan yang sebaiknya dibawa

Jika memang berencana untuk berenang maka sebaiknya menyiapkan baju ganti. Untuk mengabadikan setiap momen yang tercipta, kita bisa membawa kamera tahan air saat berenang. Sementara itu, perlengkapan lainnya seperti pelampung ataupun life jacket banyak tersedia disana sebagai salah satu fasilitas dari tukang perahu.

Fasilitas yang tersedia

Saat merasa lapar setelah lelah berenang atapun berjalan menyusuri green canyon maka saat yang tepat adalah untuk menikmati kuliner di warung makan sekitar obyek wisata. Tidak hanya itu, lokasi parkir juga berdekatan dengan warung sehingga sangat memudahkan pengunjung. Kios oleh-oleh juga sudah banyak tersedia disana.

Penginapan

Kita bisa memilih untuk menginap di Pangandaran. Pilihan ini hanya bisa dilakukan jika kita tidak merasa terlalu lelah mengingat jarak tempuh antara obyek wisata ini sampai pangandaran adalah sekitar 1 jam. Bagi pengunjung yang merasa sudah cukup lelah bisa memilih untuk menginap di panti batu karas yang hanya berjarak sekitar 15 menit dari green canyon karawang . Namun jika bidget yang dimiliki lumayan terbatas maka bisa memilih bonsai bungalow dengan biaya menginap per malamnya sebesar 300 ribuan.

green canyon pangandaran
photo by https://www.instagram.com/ir_arifrahmanhakim/

Dengan harga 300 ribu per  mala mini para pengunjung sudah mendapatkan beragam fasilitas antara lain kamar ber AC, kamar mandi dalam, makan pagi dnegan menu roti untuk 3 orang. Khusus bagi rombongan maka ada ruangan untuk 6 orang dengan biaya inap sebesar 600 ribu per malam. Pengunjung dengan budget yang berlebih bisa mencoba menginap di Java Cove Beach Hotel dengan biaya sewa sekitar 500 ribu sampai dengan 1.250.000. Biaya inap ini sudah termasuk kamar ber AC, air panas dan juga sarana TV kabel.

One Reply to “Green Canyon Karawang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *