Tempat Wisata di Ciamis

2 min read

tempat wisata di ciamis

Tempat wisata di Ciamis – Menikmati waktu liburan sambil bersantai dan menikmati pemandangan mungkin sudah biasa bagi sebagian besar dari kita. Lain halnya jika menentukan destinasi liburan berupa wisata budaya untuk dijadikan pembelajaran. Salah satu daerah yang menyimpan banyak potensi kekayaan budaya untuk dipelajari dan digali adalah Ciamis. Tidak perlu merasa takut akan menghabiskan banyak uang untuk menikmati liburan di daerah Ciamis karena kita bisa menmukan beragam obyek wisata yang terjangkau disini.

Ciamis adalah destinasi sempurna untuk bisa berwisata dengan keindahan alam sekaligus belajar banyak hal menarik dengan budget yang murah meriah. Di dalam artikel ini sendiri akan berisi dua macam ragam tujuan wisata yang terbagi atas dua jenis. Yang akan menjadi pokok bahasan pertama adalah wisata budaya sementara yang lainnya adalah wisata unik yang sulit untuk kita jumpai di destinasi wisata lainnya.

tempat wisata di ciamis

Tempat Wisata Budaya di Ciamis

Penasaran dengan wisata budaya di Ciamis? Berikut ini beberapa lokasi menarik yang bisa dijadikan tujuan:

  • Situs Karangkamulyan

Tempat wisata Ciamis yang satu ini adalah situs Hindu – Budha yang diperkirakan menjadi peninggalan masa kejayaan kerajaan Galuh. Kemegahan masa lalu masih bisa kita lihat dari kemegahan arsitektur yang ada selain beragam peninggalan purbakala yang masih terjaga. Asyiknya, kita bisa mengikuti trip peninggalan purbakala untuk bisa menjelajah samil menggali kisah masa lampau dengan lebih detil. Belum lagi legenda Ciung Wanara yang tersohor juga bisa kita temukan disini.

baca juga : Candi Sambisari, Sejarah yang Terkubur Merapi

  • Situ Lengkong Panjalu

Begitu memasuki lokasi situ lengkong panjalu mak amata akan dimanjakan dengan pemandangan danau yang begitu indah. Pulau Nusa Gede yang merupakan hutan lindung dimana terdapat sekitar 307 pohon dan terbagi dalam 30 jenis. Di pulau ini juga merupakan lokasi dimana kita bisa mendapati beragam peninggalan purbakala dan makam penyebar agama Islam yang lebih dikenal dengan nama Mbah Panjalu.

Situ Lengkong Panjalu

  • Kampung Adat Kuta

Layaknya kampung adat di daerah-daerah lain maka kampung adat kuta juga menjadi suatu lokasi dimana masyarakatnya mash menjunjung tinggi aat dan budaya yang ada. Meski demikian, mereka juga menyukai berbagai mcam kesenian baik tradisional maupun modern sebagai salah satu bentuk hiburan. Bentuk kesenian ini bermacam seperti ronggeng, reog, calung, terbang, jaipongan, kliningan, kasidah bahkan musik dangdut. Jenis-jenis kesenian ini hanya akaan dippertunjukkan saat ada acara tertentu seperti perkawinan atau penerimaan  tamu kampung.

  • Situs Astana Gede Kawali

Tepat ini adalaah situss sejarah yang paada jaman dahulu  merupakan ibu kota kerajaan Galuh yang berdiri sekitar abad  VII di daeerah Jawa Barat. Yang  menjaadi keunikan dari  tempat ini adalah adaanyaa peninggalan arkeeolois yang merupakana  hasil dari 3 budaya yang  berbeda yaitu budaya lokal, Hindu dan Islam. Beberapa jenis peninggalan sejarah ini antara lain adalah 3 buah menhir, 11 buah makam kuno dan juga 6 batu prasasti.

astana gede kawali

  • Situs Kertabumi

Di lokasi ini, kita akan bisa menemukan 2 buah situs yakni situs Gunung Susuru dan situs Bojong Gandu. Di Sasuru, kita bisa mendapati 3 buah batu datar yang terbuat dari batuan beku andesitik serta 3 punden berundak. Sementara itu, di bagian tebingnya kita akan bisa menemukan 5 buah gua yang terbentuk dari batuan breksi vulkanik. Di Bojong Gandu, ada sisa peninggalan bangunan benteng yang tersusun dari batuan. Selain itu, kita juga bisa menemukan kerak besi, fragmen keramik dari dinasti Ming dan Qing China serta beberapa negara lainnya seperti Vietnam, Thailand dan Eropa. Belum lagi fragmen tembikar yang juga banyak ditemukan di lokasi ini.

  • Situs Museum Tambaksari

Situs yang satu ini diperkirakan berasal dari jaman Pliosen tengah atau sekitar 2 juta tahun yang lalu. Berlokasi di daerah desa Kecamatan Tambaksari dan Kecamatan Rancah dengan luas tanah mencapai lebih kurang 961,369 ha. Di lokasi ini kita juga akan bisa menemukan banyak fosil-fosil hewan purbakala.

  • Situs Jambansari

Situs ini sebenarnya adalah kompleks makan dari Raden Adipati Aria Kusumadiningrat yang merupakan Bupati Ciamis ke 16. Beliau memerintah dalam rentang tahun 1839 sampai dengan 1886 sebagai bupati, beliau dikenal sebagai bupati Ciamis yang paling berjasa dan terkenal dalam membangun wilayah Ciamis yang dulunya bernama Galuh.

Tempat Wisata Unik

  • Simarasa

Tempat wisata di Ciamis yang satu ini hanya dibuka dalam 1 bulan sekali. Di obyek wisata yang ebrlokasi di kaki gunung ini maka kita bisa menemukan beragam tempat untuk swafoto dilengkapi dengan aneka wisata kuliner serta saung-saungnya. Sayangnya, lokasi ini hanya dibuka selama sekali dalam satu bulan saat diadakannya pengajian Manaqib Kubro dan juga pihak pondok pesantren.Uniknya, pengunjung yang ingin membeli kuliner disini harus mempergunakan koin khusus dengan menukarkan uang terlebih dahulu pada kasir.

Untuk koinnya sendiri terdiri dari 3 macam yaitu kin kayu berwarna merah, kuning dan hijau. Koin kayu berwarna merah memiliki nilai yang setara dengan Rp. 10.000 sedangkan warna kuning seharga Rp. 5000. Koin kayu yang berwarna hijau sendiri memiliki nilai yang sama dengan uang seharga Rp. 2.500.tidak hanya menikmati pemandangan alam, disini juga bisa menemukan berbagai penampilan bakat para jamaah sealigus dihibur dengan kesenian tradisional dan lain sebagainya.

One Reply to “Tempat Wisata di Ciamis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *