Tempat Wisata di Garut dan Keunikannya

4 min read

talaga bodas garut

Tempat wisata di Garut memiliki beragam potensi dan keunggulan. Bagaimana tidak, disini kita bisa menemukan keindahan suasana pegunungan ala gunung Cikuray dan Papandayan, air terjun serta wisata sejarah dan budaya.  Penasaran dengan tempat wisata di Garut ? Berikut ini adalah beberapa pilihan obyek wisata yang ada:

  • Leuwi Jurig

Leuwi Jurig jika diartikan dalam bahasa Sunda maka akan memiliki arti yang cukup ekstrim yaitu ‘kolam setan’. Meski terkesan angker pemandangan di lokasi wisata yang satu ini sangatah indah. Bagaimana tidak, disini kita bisa menyaksikan jernihnya aliran air yang diapit oleh dua tebing. Lokasi wisata yang satu ini terletak di kecamatan Bungbulang, kabupaten Garut.

Leuwi Jurig - tempat wisata di garut
photo by https://www.instagram.com/pesona_kamera/
  • Situ Bagendit

Situ Bagendit atau danau bagendit ini terbilang cukup dekat dengan pusat kota Garut karena hanya berjarak sekitar 4 km. lokasinya ada di kecamatan Banyuresmi, kabupaten Garut. Disini kita bisa mengelilingi danau dengan rakit bambu ataupun menaiki bebek air sembari menjelajah pasar tradisional di seputar danau.

Baca juga : Aneka tempat wisata di Tasikmalaya

  • Candi Cangkuang dan Kampung Pulo

Candi Cangkuang berlokasi di desa Cangkuang, kecamatan Leles, kabupaten Garut. Lokasi candi sendiri sangat unik karena berada di sebuah daratan di tengah-tengah danau. Untuk bisa ke area candi maka kita harus menyeberangi danau dengan menggunakan rakit. Selain candi, kita juga bisa menemukan kampung adat yang lebih dikenal dengan sebutan kampung Pulo.

  • Kawasan Wisata Cipanas Garut

Obyek wisata yang berada di kaki Gunung Guntur ini memiliki hawa khas pegunungan yang sejuk. Belum lagi banyaknya pemandian air panas yang bisa digunakan untuk berendam dan merilekskan diri.

  • Kawasan Wisata Darajat Garut

Berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Garut, obyek wisata darajat garut ini memungkinkan kita untuk menikmati pemandangan lembah dari ketinggian. Layaknya di kawasan cipanas maka pengunjung juga bisa memilih dari sekian banyak lokasi pemandian air panas yang ada disini.

  • Karacak Valley

Pada awalnya, obyek wisata yang satu ini adalah area perkebunan kopi juga hutan pinus. Sekarang, kawasan ini telah dikembangkan sehingga tidak hanya menyuguhkan pemandangan alamnya yang indah tapi juga dilengkapi dengan berbagai jenis fasilitas antara lain camping ground. Selain itu juga ada air terjun yang bisa kita nikmati keindahannya. Untuk jam operasionalnya sendiri adalah antara pukul 8 pagi sampai dengan 5 sore.

karacak valley -  tempat wisata di garut
photo by https://www.instagram.com/rudyantotanuwijaya/
  • Kebun Mawar Situhapa

Kebun Mawar Situhapa berlokasi di Jalan Kamojang Km 5, Samarang, Kabupaten Garut.  Sebenarnya, kawasan wisata yang satu ini adalah sebuah penginapan yang dilengkapi dengan kebun bunga dengan beragam jenis dan tidak hanya terbatas pada jenis bunga mawar saja. Hamparan kebun bunga aneka jenis dan warna inilah yang menjadi daya tarik bagi pengunjung.

  • Kawah Talaga Bodas

Tidak hanya popular sebagai wisata alam saja namun obyek wisata yang satu ini juga sangat terkenal dengan pemandian air panasnya yang berfungsi untuk pengobatan. Disini kita bisa memilih pemandian air panas yang ingin kita kunjungi antara lain kolam air panas di kawah telaga bodas dengan beberapa kolam kecil terbuka dan pancuran 7 telaga bodas.

talaga bodas garut - tempat wisata di garut
photo by https://www.instagram.com/asligarut_/
  • Kawah Kamojang

Kawah Kamojang adalah objek wisata alam di Garut yang terletak di wilayah Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat dengan lokasi di ketinggian sekitar 1.730 Mdpl. Para penduduk setempat serta pengunjung mempercayai bahwa uap panas yang dihasilkan oleh kawah ini sendiri sangat berkhasiat untuk kesehatan kulit. Tidak hanya itu, bahkan aroma uapnya juga dipercaya bisa memperlancar peredaran darah dan juga sistem pernafasan.

  • Kebun Binatang Cikembulan

Objek wisata yang berlokasi di Kampung Jati, Desa Cikembulan, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut ini kaya akan pepohonan rindang dan hawanya yang sejuk. Selain menikmati panorama alam, para pengunjung juga bisa melihat berbagai satwa termasuk beberapa jenis binatang yang termasuk langka seperti harimau sumatera dan macan tutul jawa. Untuk jam operasionalnya sendiri adalah mulai pukul 9 pagi sampai dengan 5 sore. Tidak hanya menikmati pemandangan dan melihat keanekaragaman satwa, disini kita juga bisa bersantai di gazebo, memainkan wahana ATV, kuda tunggang dan lainnya.

  • Sabda Alam Water Park

Taman rekreasi air ini terletak di Jalan Raya Cipanas No. 3, Tarogong Kaler, Rancabango, Kabupaten Garut dibuka mulai pukul 7 pagi sampai dengan 8 malam. Khusus di hari sabtu dan minggu jam bukanya diperpanjang satu jam menjadi jam 7 pagi sampai dengan 9 malam.  Disini kita bisa menikmati indahnya pemandangan pegunungan, kolam renang air panas dan berbagai wahana yang ada.

Ragam wahana yang terdapat disini antara lain adalah nampan tumpah, sliderboom, waterboom spiral, slidersboom dewasa, kuda laut, sasak rawayan, kolam arus, kolam terapi ikan, jamur paying, flying fox, goa harimau, bungee trampoline, waterboom dan lainnya. Fasilitas pendukung lainnya juga terbilang lengkap seperti mushola, toilet, food court, ruang ganti, fasilitas free wifi dan lainnya.

  • Darajat Pass Water Park

Obyek wisata yang terletak di Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut ini  memiliki beragam wahana permainan air. Uniknya, wahana permainan air ini berupa aliran air hangat yang sangat pas untuk bersantai. Tidak hanya itu, kita juga bisa melakukan beragam aktivitas outbound dan juga flying fox. Jika ingin bersantai lebih lama maka bisa menginap di penginapan yang sudah tersedia disana. Lapar ? tidak perlu khawatir karena ada beragam warung makan khas Sunda yang ada di sekitar lokasi wisata.

  • Situ Cangkuang

Situ Cangkuang adalah sebuah danau yang berlokasi tidak jauh dari Candi Cangkuang, tepatnya di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut. Disini kita bisa menikmati keindahan alam dengan udaranya yang sejuk. Jika ingin berkunjung ke pulau kecil yang berada di tengah danau maka bisa menggunakan rakit bambu.

  • Wisata Kawah Papandayan

Disini kita bisa menemukan dua kolam renang air panas yang bersuhu 30 derajat celcius. Disini kita bisa berendam dengan air panas dengan kandungan sulfur yang berasal dari kawah papandayan. Selain berendam, kita juga bisa melihat keindahan gunung papandayan dari gardu pandang yang berada di kawasan camping ground.

  • Hutan Mati Papandayan

Sebutan hutan mati diberikan karena area hutan ini merupakan hutan mati dengan vegetasi yang mongering karena letusan gunung papandayan di tahun 2002. Meski terlihat gersang dan suram namun lokasi ini justru banyak dikunjungi karena keunikannya. Meski demikian, pengunjung disarankan untuk menggunakan masker saat berkunjung karena aroma belerang yang cukup pekat di area ini.

Hutan Mati Papandayan -  tempat wisata di garut
photo by https://www.instagram.com/bongez_fredoomventure59/
  • Graha Liman Kencana

Obyek wisata yang satu ini terkesan kaya akan nuansa Bali serta keraton sehingga banyak disebut sebagai kampung Bali. Disini kita akan menemukan replika candi, pura serta beragam patung. Aroma dupa juga tercium semerbak di area ini. Graha liman kencana juga memiliki 1000 koleksi benda pusaka yang terdiri dari keris, tombak dan bermacam pusaka lainnya seperti tongkat komando Ir. Soekarno. Tidak hanya itu, keris Ken Dedes yang berukuran panjang 2 meter dan berat 15 kg.

Tidak hanya pusaka, museum ini juga memiliki beragam koleksi wayang golek Sunda dan pohon African baobab yang merupakan tumbuhan langka dengan masa hidup hingga 300 tahun. Tidak hanya itu, lokasi wisata ini juga menyimpan koleksi unik lainnya seperti tulisan tangan Abraham Lincoln yang merupakan presiden Amerika ke 16. Disini juga disediakan penginapan seperti rumah sunda dengan konsep hidup tempo dulu dengan pencahayaan petromak.

demikian beberapa tempat wisata di garut, jangan lupa setiap berkunjung ke tempat – tempat wisata tersebut ada baiknya kita selalu menjaga kebersihan. Selamat Berlibur kawan

One Reply to “Tempat Wisata di Garut dan Keunikannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *