Tempat Wisata di Sukabumi Instagramable

4 min read

curug awang - tempat wisata di sukabumi

Tempat wisata di Sukabumi – Siapa bilang menyegarkan diri dari segala kepenatan harus merogoh kocek cukup dalam? Bagi anda yang tinggal di ibukota dengan segala macam keruwetan dan kesibukannya bisa memilih berwisata di pinggiran kota Jakarta. Salah satu alternative yang bisa dijadikan pilihan adalah Sukabumi. Jika ditempuh melalui mobil maka akan membutuhkan sekitar 4 jam dari Jakarta.

Sementara itu, waktu tempuh yang lebih singkat sekitar 2 jam 4 menit adalah yang dibutuhkan jika memulai perjalanan dari Bogor. Jika mengawali perjalananan dari ibukota maka harus menuju ke stasiun Bogor dahulu dengan jarak tempuh sekitar 1 jam dengan tiket seharga 6 ribu rupiah. Sesampainya di stasiun Bogor, kita tinggal berjalan ke stasiun Paledang Bogor yang hanya berjarak sekitar 1 kilometer.

tempat wisata di sukabumi
photo by https://www.instagram.com/stuarthurlbut/

Yang harus kita ketahui adalah bahwa perjalanan kereta dari Bogor menuju Sukabumi hanya ada 3 kali perjalanan pada saat pagi, siang dan sore hari. Harga tiketnya sendiri adalah sebesar 20 ribu untuk kelas ekonomi dan 50 ribu rupiah untuk kelas eksekutif. Dengan waktu tempuh yang tidak terpaut terlalu jauh maka sebenarnya kita tinggal memilih jenis kereta mana yang kita jadikan pilihan.

Satu-satunya perbedaan keduanya adalah sisi kenyamanan dimana kereta eksekutif terdiri dari dua kursi penumpang dengan posisi menghadap depan arah kereta berjalan. Di sisi lain, gerbong ekonomi terdiri atas 2 kursi penumpang dan 3 penumpang dalam satu barisan. Posisi duduk juga berhadapan dengan penumpang lain sehingga akan mengurangi rasa nyaman.

baca juga : Tips dan Trik wisata di Cipanas Garut

Secara rute, perjalanan dari Bogor menuju Sukabumi akan melewati 10 lokasi stasiun besar yakni stasiun Bogor Paledang, Stasiun Batutulis, Stasiun Maseng, Stasiun Cigombong, Stasiun Cicurug, stasiun Parung, stasiun Kuda, Stasiun Cibadak, Stasiun Karang Tengah, Stasiun Cisaat dan akhirnya akan sampai di stasiun Sukabumi. Bagi wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi bisa menggunakan jasa transportasi umum berupa angkot yang umum digunakan di Sukabumi.

Jika ingin nyaman dan tidak bingung lagi mencari alat transportasi selama liburan maka bisa menggunakan jasa carter angkot dengan biaya harian di kisaran 150 sampai dengan 200 ribu setiap harinya. Setelah itu kita bisa bebas mengeksplor tempat wisata di Sukabumi. Masih bingung dengan obyek wisata mana sajakah yang bisa dijadikan pilihan selama berada di Sukabumi? Berikut ini beberapa alternatif lokasi yang bisa dijadikan pilihan:

  • Situ Gunung Taman Nasional Gede Pangrango

Untuk bisa mencapai lokasi wisata yang satu ini akan diperlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Danau ini sendiri sebenarnya termasuk dalam lokasi resort taman nasional gunung gede pangrango. Jalur untuk mencapai lokasi cukup menantang karena tidak bisa jika hanya ditempuh dengan menggunakan mobil. Pertama-tama, kita bisa menggunakan mobil memasuki pelataran parkir baru kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 600 meter dengan rute yang menurun.

gunung gede pangrango - tempat wisata di sukabumi
photo by https://www.instagram.com/zaink_nst/

Harga tiket memasuki lokasi wisata ini adalah sebesar 15 ribu rupiah per orang. Jika merasa kelelahan maka kita bisa menyewa ojek untuk mengantarkan ke danau atau curug dengan jasa sewa seharga 10 ribu rupiah per orang. Meski medannya cukup berat namun semua rasa lelah akan dengan mudah terbayarkan begitu sampai di lokasi. Disini kita bisa menikmati hijau dan sejuknya pepohonan. Ingin merasakan nuansa lain? Cobalah untuk berkeliling danau dengan perahu bambu berbiaya 15 ribu rupiah per orang.

  • Selabintana

Selabintana terkenal sebagai lokasi piknik pilihan keluarga dnegan hamparan rumput yang luas untuk bersantai. Jika ingin lebih lama menikmati pemandangan yang ada maka bisa menginap di resort yang ada disana. Tiket masuk ke selabintana adalah seharga 15 ribu per orangnya.

  • Taman Kota

Di taman kota ini ada lokasi yang cukup unik yaitu gembok cinta.

  • Bukit Karang Para

Disini kita bisa menikmati indahnya pemandangan khas pedesaan dengan berbagai spot foto yang bisa dijadikan pilihan. Ingin spot foto yang unik untuk dipajang di instagram? Tenang saja karena disini kita bisa berfoto sepuasnya di beberapa jembatan kayu yang menjorok di tepi jurang. Agar bisa sampai di sini kita bisa menempuh jalur lingkar selatan ke arah pelabuhan ratu baru kemudian melanjutkan perjalanan ke pelabuhan ratu II dan berhenti di gunung guruh. Tiket masuk ke lokasi wisata ini terbilang cukup murah karena hanya ada di kisaran 2 sampai dnegan 3 ribu rupiah dan 5 ribu rupiah untuk biaya parkirnya.

bukit karang para
photo by https://www.instagram.com/desi_beria/
  • Curug Awang

Curug atau air terjun yang satu ini seringkali dikenal sebagai air terjun Niagara versi mini. Curug ini memiliki pemandangan dan keindahan yang fenomenal dengan ketinggian 40 meter dan bentangan air terjun dari ujung tebing ke tebing lainnya. Jika ingin mendapatkan pemandangan yang terbaik maka ada baiknya untuk berkunjung di saat musim penghujan karena aliran airnya akan menjadi lebih deras dan lebih indah. cukup siapkan fisik yang prima karena dari tempat parkir kendaraan masih harus melakukan trekking sejauh 1,5 km dengan medan yang menantang adrenalin.

curug awang - tempat wisata di sukabumi
photo by https://www.instagram.com/indventure/
  • Bravo Adventure

Bravo adventure adalah pilihan bagi pecinta aktivitas berkemah namun dengan cara yang lebih mewah. Disini kita tidak hanya bisa menimati aktivitas berkemah dengan berbagai kemudahan dan fasilitas yang tersedia dengan segala kegiatan outbond seperti arung jeram ataupun paint ball yang bisa dijadikan pilihan. Untuk tarif menginap dan outbond, harga yang dipatok ada di kisaran mulai 500 ribu rupiah per malam.

bravo adventure
photo by https://www.instagram.com/dessydh15/
  • Gua Buniayu

Gua ini dikenal sebagai gua yang memiliki struktur terbaik di wilayah Asia Tenggara. Alasan inilah yang kemudian mendasari pemberian pinjaman peralatan terbaik bagi setiap pengunjung ynag ingin menjelajahi gua. Setiap harinya gua ini dibuka mulai pukul 8 pagi sampai dengan 10 malam dnegan tiket masuk seharga 15 ribu rupiah per orangnya.

gua buniayu
photo by https://www.instagram.com/liburkabur/

Untuk memasuki gua biasanya pemandu akan menunggu jumlah pengunjung memenuhi kuota yakni sektar 6 sampai dnegan 8 orang pengunjung. Meski terdiri dari 3 gua berbeda namun hanya 2 gua yang dibuka untuk umum sementara gua kretek hanya diperuntukkan bagi para professional atau peneliti.

  • Kampung Ciptagelar

Kampung adat yang satu ini memiliki keunikan dimana keaslian bangunan yang ada masih terjaga. Tidak hanya bangunan saja yang masih terjaga tapi juga adat budaya yang masih dijaga kemurniannya selama ratusan tahun. Saat berwisata ke lokasi ini maka kita akan bisa melihat segala macam bangunan kuno dan kegiatan penduduk yang masih berpegang teguh pada ajaran leluhur. Meski termasuk dalam obyek wisata namun ada baiknya untuk membawa perbekalan makanan jika berkunjung mengingat lokasi yang cukup terpencil dan sulit untuk dijangkau dengan transportasi umum.

kampung ciptagelar
photo by https://www.instagram.com/deey2/
  • Pantai Pangumbahan

Pantai yang satu ini terkenal akan keindahan pasir putihnya yang lembut dan bersih dari sampah. Keunikan lainnya adalah kawanan penyu dari laut lepas yang mendatangi pantai ini untuk meletakkan telurnya. Berkunjung di pagi dan juga sore hari adalah saat yang paling pas karena akan memungkinkan kita untuk bebas menjelajah sekeliling pantai ataupun surfing. Di sore harinya, pemandangan emnakjubkan puluhan bahkan ratusan tukik atau penyu kecil akan berebut memasuki lautan.

pantai pangumbahan - pantai di sukabumi
photo by https://www.instagram.com/inainu.id/

Benar-benar suguhan pemandangan yang menakjubkan untuk melewati liburan bukan? Jadi bersiaplah untuk menjelajah keindahan tempat wisata di Sukabumi.

One Reply to “Tempat Wisata di Sukabumi Instagramable”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *