Tempat Wisata di Tasikmalaya

6 min read

curug dengdeng

Tempat wisata di Tasikmalaya memiliki berbagai spot pariwisata yang cukup indah dan potensial untuk dikunjungi. Berikut ini beberapa rute transportasi yang bisa diambil jika ingin berkunjung ke Tasikmalaya:

Cara ke Tasikmalaya dari Jakarta

  • Mobil

Jika menggunakan mobil pribadi maka lama perjalanan yang harus dietmpuh adalah sekitar 7 jam dari tol Jakarta-Cikampek kemudian dilanjutkan ke jalan Nanggeleng-Cirahayu.

  • Kereta Api

Melalui mode transportasi kereta api, kita bisa berangkat dari stasiun Pasar Senen dengan menggunakan kereta api Serayu lalu turun di stasiun Tasikmalaya. Harga tiket kereta apinya adalah sebesar 67 ribu rupiah dengan waktu tempuh perjalanan selama 7 jam.

  • Pesawat

Bagi yang ingin memangkas jarak dan waktu perjalanan bisa menggunakan pesawat. Pesawat yang tersedia untuk rute ini adalah Wings Air dari Bandara Halim Perdanakusumah Jakarta ke Bandara Tasikmalaya dengan jadwal penerbangan sekali setiap hari. Tiket yang perlu dibayarkan adalah seharga 374 ribu dengan waktu tempuh perjalanan 55 menit.

tempat wisata di tasikmalaya
photo by id.wikipedia.com

Dari Bandung ke Tasik

  • Mobil

Dengan jarak tempuh sekitar 124 km antara Bandung menuju Tasikmalaya maka setidaknya akan dibutuhkan 3 sampai dengan 4 jam perjalanan dengan mobil pribadi melalui jalur Nagreg.

  • Bis

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan transportasi bus dengan bus Budiman yang berangkat dari terminal Cicaheum menuju Bandung – Tasikmalaya. Kita bisa menaiki bus ini dnegan membayar tiket seharga 40 ribu rupiah.

  • Kereta Api

Alternatif ketiga adalah dengan menggunakan kereta api Malabar, Mutiara Selatan ataupun Lodaya dari stasiun Bandung hingga turun di stasiun Tasikmalaya. Harga tiket keretanya sendiri adalah di kisaran mulai 140 ribu rupiah dengan jarak tempuh 3 jam perjalanan.

baca juga : wisata di karawang

Tempat wisata di Tasikmalaya:

  • Taman Wisata Karang Resik

Taman kota yang satu ini terletak tidak jauh dari Tasikmalaya. Dengan luas taman sekitar 32 hektar maka taman yang mengusung konsep wisata alam, edukasi, atraksi dan agrowisata ini bisa menjadi pilihan yang pas. Fasilitas serta wahana yang ada di dalamnya juga cukup beragam sehingga bisa disebut jika taman yang satu ini adalah miniature dari destinasi wisata Jawa Barat. Bagaimana tidak, di taman ini kita bisa menemukan rumah Hobbit sampai dengan the lodge maribaya di dalamnya.

Taman Wisata Karang Resik
photo by https://www.instagram.com/farmhousekarangresik/

Uniknya lagi, taman karang resik juga memiliki booth khusus untuk pameran produk lokal dari Tasik. Sementara itu, penggemar selfie juga tdiak perlu khawatir karena ada banyak sekali obyek dan spot foto yang keren di dalamnya. Tidak hanya itu, tersedia juga flying fox bahkan arung jeram bagi para pecinta olahraga outdoor yang memacu adrenalin. Tertarik untuk datang? Kunjungi taman ini di Jl. Dr. Moh. Toha No.331, Sukamanah, Cipedes, Tasikmalaya, Jawa Barat. Untuk jam bukanya adalah mulai jam 8 pagi sampai dnegan 5 sore setiap hari dengan tiket masuk seharga 5 ribu rupiah.

  • Tonjong Canyon Cipatujah

Jika anda adalah pecinta olahraga outdoor yang menantang maka Tonjong Canyon Cipatujah adalah obyek wisata pilihan yang pas. Bagaimana tidak, ngarai yang tersembunyi ini adalah surganya pecinta  trekking dan jelajah alam. Di tempat ini kita akan menemukan tebing batu yang berwarna kecoklatan dengan aliran sungai yang tenang. Bagi yang mahir berenang bisa berenang di tengah ngarai yang menyegarkan.

Tonjong Canyon berlokasi di Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Untuk bisa mencapai lokasi wisata ini  maka kita bisa melewati jalan raya Karangnunggal dari pusat kota Tasikmalaya hingga mencapai pertigaan Karang-Pamijahan. Begitu sampai di pertigaan ini maka tinggal belok ke arah kiri menuju jalan raya Cipatujah menuju Cintabodas sampai melihat TK Nurul Insan baru belok ke arah kiri.

  • Danau Lemona

Danau ini memang danau buatan tapi keindahannya tidak bisa dipungkiri. Danau berupa kolam ikan besar dengan beberapa saung yang didirikan di sekitarnya bisa menjadi sarana bersantai yang menyenangkan. Belum lagi adanya jembatan gantung dari material bamboo yang harus dilewati untuk bisa mencapai saung. Takut untuk melewati jembatan? Kita bisa menggunakan perahu tarik ala jaman dahulu. Begitu tiba di saung maka kita bisa memesan beragam olahan ikan air tawar khas danau Lamona.

danau lemona
photo by https://www.instagram.com/danaulemona.id/

Tertarik untuk berkunjung? Danau ini berlokasi di jalan raya Salopa, Salopa, Tasikmalaya, Jawa Barat. Lokasi wisata yang satu ini dibuka setiap harinya dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan 9 malam. Dnegan waktu operasional yang begitu lama maka kita bisa berkunjung dan bersantai sepuasnya disini. Harga makanannya juga cukup terjangkau yaitu dimulai dari harga 5 ribu rupiah.

  • Jembatan Akar Santoaan

Jembatan unik yang satu ini terbentuk dari dua pohon yang tumbuh dan dipisahkan oleh sungai Santoaan di area gunung Galunggung. Sayangnya, rute menuju ke jembatan ini cukup sulit mengingat pengunjung harus berjalan sejauh lebih kurang 1 kilometer dari tempat menitipkan kendaraan bermotor. Meski demikian, kita tidak akan merasa bosan selama perjalanan karena akan selalu dimanjakan dengan pemandangan hijaunya persawahan, perbukitan dan sejuknya udara alami pegunungan.

Saat sampai, kita akan langsung menemui jembatan akar yang terbentang di atas sungai berbatu yang tidak terlalu dalam namun memiliki aliran air yang cukup deras. Demi memudahkan pengunjung maka ada sekitar 5 sampai dengan 6 batang bambu yang ditata di atas jembatan akar. Lokasi tepat dari jembatan  ini adalah di Kampung Tataru, Desa Tenjonagara, Kecamatan Cigalontang, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat. Kita bisa sampai disini dengan menuju ke alun-alun Singaparna dari pusat kota Tasik.

Begitu sampai di alun-alun maka tinggal berbelok arah ke Cigalontang sampai menemui SDN Sukamanah. Baru kemudian belok ke kanan arah Bojong Nangka dan ambil jalur ke kampung Tataru. Disini, kita tinggal bertanya kepada penduduk setempat arah lokasi obyek wisata jembatan akar santoaan yang terkenal akan keunikannya dan keindahannya.

  • Bukit Kacapi

Bukit Kacapi merupakan obyek wisata yang pas untuk dikunjungi jika ingin menemukan kesejukan air di kolam renang sekaligus keindahan kebun teh dari ketinggian. Selain itu, ada juga rumah pohon yang sangat unik disini. Destinasi wisata ini dibuka setiap harinya mulai dari pukul 8 pagi sampai dengan 6 sore dengan tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah. Berminat? Kunjungi lokasi wisata ini di Kurjati, Tanjungkarang, Cigalontang, Tasikmalaya, Jawa Barat.

  • Karaha Bodas

Karaha bodas kerap disebut sebagai kawah putih dari Tasikmalaya. Spot wisata yang satu ini adalah kawah dari gunung api muda yang memiliki fenomena alam unik berupa fumarole dan solfator yang bisa menghasilkan panas bumi. Hal inilah yang kemudian menjadi alasan akan tercium bau belerang dan sulfur dari tempat ini. Tidak cukup disitu, lokasi kawah yang dikelilingi oleh teduhnya rerimbunan pinus menciptakan pemandangan alam yang sangat indah. Kawah  yang berlokasi di Desa Kadipaten, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat ini bisa kita capai dari Bandung menuju Tasikmalaya. Rutenya adalah dengan mengikuti turunan Gentong terakhir baru berbelok ke arah kanan dan memasuki desa Kadipaten. Dari tempat ini, lokasi wisata hanya berjarak sekitar 5 km. cukup ikuti petunjuk arah jalan menuju telaga bodas lalu bertanya kepada penduduk sekitar.

  • Curug Dengdeng

Mendengar adanya air terjun berundak mungkin masih asing bagi sebagian besar dari kita. Faktanya, air terjun seperti ini ternyata ada di Tasikmalaya lebih tepatnya di desa Tawang, Pancatengah. Dengan tiga tingkatan ketinggian yang dimiliki, air terjun dengan aliran yang lumayan deras ini mengalir ke hulu sungai di Gunung Raja. Meski aliran airnya cukup deras namun air terjun yang satu ini masih aman kok untuk bermain-main. Meski demikian, pengunjung harus menguras cukup banyak tenaga untuk bisa mencapai lokasi.

curug dengdeng
photo by https://www.instagram.com/wowtasikmalaya/

Bagaimana tidak, untuk bisa mencapai lokasi curug dengdeng maka diperlukan trekking selama setidaknya 30 menit. Perjalanan ini dimulai dari parkir di perumahan penduduk sampai dengan tiba di lokasi curug. Tapi jangan khawatir karena semua lelah dan kerja keras akan terbayar begitu sampai di lokasi. Hal ini dimungkinkan karena lokasi curug yang cukup tersembunyi sehingga jarang dikunjungi dan masih terjaga keasriannya.

Curug Dengdeng ini berlokasi di desa Tawang, kecamatan Pancatengah, kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Obyek wisata ini sendiri dibuka setiap harinya pada pukul 8 pagi sampai dengan pukul 4 sore. Sedangkan untuk tiket masuknya masih gratis alias tidak dipungut biaya. Hanya ada sumbangan sukarela yang nantinya dipergunakan oleh penduduk setempat untuk mengelola sekaligus membangun fasilitas di lokasi curug.

  • Leuwi Citoe Pancatengah

Disini kita bisa menemukan air terjun mini yang sejuk kehijauan. Selain itu juga ada kolam air dengan kedalaman yang relative dangkal.  Bagi yang suka menjelajah bisa mencoba menemukan sejumlah goa alami yang terdapat di sepanjang aliran sungai. Leuwi Citoe Pancatengah yang berada di kampung Sukajaya, Desa Pangliaran, Kecamatan Pancatengah, Tasikmalaya, Jawa Barat ini bisa kita datangi dengan menuju arah selatan dari pusat kota Tasikmalaya. Ikuti jalan raya Cikatomas – Cikalong sampai menemui pertigaan Ciwatin baru belok ke kiri. Susuri terus jalan yang ada sampai menemui gapura masuk kampung Sukajaya baru kemudian bertanya kepada warga setempat.

  • Pantai Karang Tawulan

Tempat wisata di Tasikmalaya yang satu ini bisa dibilang sebagai surga yang tersembunyi mengingat belum banyak yang mengetahui keberadaannya. Hal ini membuat pantai ini masih sangat terjaga keasrian dan kealamiannya. Disini akan kita jumpai dinding tebing terjal dengan hamparan pasir pantai yang luas. Tiket masuk ke pantai ini sangat terjangkau karena hanya dibanderol dengan harga tiket sebesar 5 ribu rupiah per orang.

tempat wisata di tasikmalaya pantai karang tawulan
photo by https://www.instagram.com/ficky.ip/
  • Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta terasa istimewa dibandingkan dengan pantai lainnya karena memiliki taman laut Lengsar. Di taman laut ini ada beragam ikan hias, kerang, siput, kepiting dan terumbu karang. Saat yang paling tepat untuk mengunjungi pantai ini adalah di saat sore menjelang malam karena akan bisa mengabadikan sunset yang sangat menakjubkan. Pantai yang berlokasi di Sindangkerta, Cipatujah, Tasikmalaya ini sangat terjangkau karena harga tiket masuknya hanya sebesar 5 ribu rupiah di hari Minggu sedangkan di hari biasa gratis.

  • Wisata Gunung Galunggung

Suasana khas pegunungan yang sejuk bisa kita jumpai disini. Belum lagi adanya spot gardu pandang yang memungkinkan kita menikmati suasana hijaunya alam pegunungan dan suasana perkotaan di arah kejauhan. Akan lebih bagus lagi jika berkunjung di malam hari karena akan bisa menyaksikan cahaya lampu kota yang berkilauan dengan cahaya bintang di langit yang berpendar. Kawasan wisata ini dibuka selama 24 sehari dengan harga tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah.

Ada 3 jalur yang bisa ditempuh untuk menuju ke obyek wisata ini antara lain:

  1. Dari arah pusat kota Tasikmalaya, lanjutkan perjalanan menuju Indihiang mencapai Sukaratu.
  2. Melalui perempatan pesantren Cipasung baru belok ke arah kanan
  3. Melewati jalur Cisayong

Sementara untuk bisa sampai ke puncaknya bisa melewati jalur pasir landai atau dengan menaiki anak tangga yang berjumlah 620 buah.

  • Desa Wisata Taraju

Di lokasi ini, kita akan bisa menemukan kampung naga yang merupakan kampung adat. Arsitektur rumah warga yang berbentuk rumah panggung dan suasana aktivitas pedesaan yang alami akan memberikan sensasi pengalaman yang berbeda. Ingin melakukan hal yang berbeda? Kita tinggal mengikuti aktivitas warga untuk bertani ataupun mengolah ladang.

  • Jembatan Cirahong

Sebagian besar pengunjung yang mendatangi lokasi jembatan ini memang tertarik dengan kesan misterius yang ada di sana. Perpaduan keindahan arsitektur dan juga kesan mistis meliputi jembatan kereta api sepanjang 202 meter ini.

  • Rumah Batu Karangnunggal

Tempat wisata di Tasikmalaya yang satu ini sangat popular akan keunikannya karena menyuguhkan konsep era jaman batu. Disini kita bisa menyaksikan rumah ala jaman batu bak serial The Flintstones dengan pahatan unik dan juga perabotannya. Obyek wisata yang berlokasi di gunung Cantigi, blok Pasingpongpok, dusun Sukawangi, desa Cibatu, Kecamatan Karangnunggal, Taikmalaya ini hanya mengenakan tarif masuk sukarela.

Untuk menuju ke tempat wisata ini maka kita bisa menuju ke Karangnunggal dari pusat kota Tasikmalaya baru belok ke kiri arah Cikukulu. Teruskan perjalanan hingga mencapai Cibatureng dan masuk desa Cibatu. Telusuri jalan ke arah kampung Pasirpongok dan belok ke kanan menuju kampung Cintasari. Setelah itu kita tinggal bertanya pada penduduk setempat untuk mencapai lokasi tempat wisata di Tasikmalaya ini.

One Reply to “Tempat Wisata di Tasikmalaya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *