Wisata Cipanas Garut, Lengkap dengan Tips dan Trik

3 min read

Danau Dariza Hotel dan Resort - wisata cipanas garut

Wisata Cipanas Garut berlokasi di area yang sangat strategis yaitu sekitar 6 km dari pusat kota Garut. Jika mengawali perjalanan dari Bandung maka tinggal mengikuti jalan utama Bandung – Garut. Terus susuri jalan sampai menemukan pertigaan jalan besar di sebelah kanan tidak jauh dari gerbang masuk kota Garut. Letak pertigaannya sendiri tidak jauh dari rumah makan cibiuk. Ikuti jalur pertigaan ini maka kita akan sampai di kawasan wisata Cipanas.

Jika menggunakan sarana transportasi umum maka lokasi wisata cipanas garut ini bisa dijangkau dnegan menggunakan angkutan umum dari Bandung ke arah Garut. Baru kemudian menaiki bis dari terminal Leuwi Panjang atau terminal Cicaheum. Transportasi umum lainnya yang bisa digunakan adalah bis jurusan Jakarta atau Bekasi ke arah Garut tepat setelah melewati gerbang tol Cileunyi. Turun di bundaran Tarogong atau bundaran pertama di kota Garut baru naik angkutan lagi dengan trayek Garut – Cipanas.

wisata Cipanas Garut memiliki daya tarik utama berupa pemandian air panas alami yang langsung berasal dari gunung Guntur. Gunung ini sendiri adalah gunung berapi yang masih aktif. Perlu diingat bahwa kawasan wisata ini adalah nama daerah dan bukanlah satu lokasi wisata dengan satu pintu masuk. Disini kita bisa menemukan beragam obyek wisata dengan wahana permainan air, pemandian atau kolam air panas.

baca juga : Keunikan Wisata Garut

Tiket masuk Cipanas Garut

Untuk tiket masuk ke lokasi wisata cipanas garut tidak ada. Yang perlu kita perhatikan adalah ketentuan untuk membayar saat memasuki masing-masing lokasi wisata di area ini. Berikut ini adalah beberapa obyek wisata yang bisa dijadikan pilihan:

  • Waterboom Garut Cipanas

Sebenarnya, mayoritas setiap tempat di kawasan cipanas memiliki waterboom dengan wahana permainan air untuk anak ataupun keluarga. Meski demikian, ada salah satu waterboom yang cukup popular yaitu waterboom di kawasan resort sabda alam Cipanas.

waterboom cipanas - Wisata Cipanas Garut
photo by https://www.instagram.com/sabdaalam.garut/
  • Danau Dariza Hotel dan Resort

Resort ini sangat unik karena dibuat dengan lanskap yang mengelilingi danau buatan dengan berbagai fasilitas lengkap seperti waterboom, danau buatan, restoran dan lainnya.

Danau Dariza Hotel dan Resort - wisata cipanas garut
photo by https://www.instagram.com/atmojosetia/
  • Resort Kampung Sumber Alam Garut

Sebagai salah satu resort di tengah-tengah kawasan wisata Cipanas Garut maka resort yang satu ini sangat popular. Disini kita bisa menemukan resort yang mengusung konsep pedesaan yang sejuk dan nyaman. Di malam hari, kita bisa menikmati keindahan alam dengan permainan cahaya yang sangat romantis. Tidak hanya itu, kawasan resort ini juga memiliki fasilitas yang terbilang lengkap seperti adanya kolam renang air panas, café serta kamar rendam air panas untuk bersantai dan rileks.

Resort Kampung Sumber Alam Garut - wisata cipanas garut
photo by https://www.instagram.com/mumuray/
  • Resort Sabda Alam Garut

Resort lain yang tidak kalah terkenalnya di daerah Garut adalah sabda alam garut. Resort ini sangat popular akan wahana waterboomnya. Belum lagi berbagai fasilitas lengkap yang tersedia di dalamnya seperti kamar rendam, restoran dan penginapan. Semua ini pastinya akan sangat memanjakan pengunjung yang ada sehingga betah untuk berlama-lama tinggal. Untuk bisa mengakses segala fasilitas di kawasan wisara ini maka kita akan dikenakan tiket masuk sebesar 30 ribu rupiah per orang di hari senin sampai dengan jum’at.

Untuk hari sabtu dan minggu maka harga tiket yang dikenakan akan sedikit lebih mahal yaitu di kisaran 40 ribu rupiah per orang. Sedangkan untuk anak yang memiliki tinggi badan di bawah 80 cm tidak akan dikenakan biaya untuk tiket masuk atau gratis. Jam operasionalnya sendiri adalah hari senin sampai dengan jum’at pukul 7 pagi sampai dengan 8 malam. Sedangkan untuk hari sabtu dan minggu sedikit lebih larut yaitu sampai dengan jam 9 malam.

Resort Sabda Alam Garut
photo by https://www.instagram.com/sabdaalam.garut/
  • Hotel Tirta Gangga Garut

Hotel satu ini sebenarnya merupakan hotel yang sudah lama berdiri di lokasi wisata ini. Layaknya penginapan, hotel dan resort lainnya maka hotel ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pelengkap antara lain pancuran air panas, kolam renang air panas, restoran dan lainnya.

  • Pemandian Ciengang Garut

Jika mencari pemandian air panas untuk tujuan penyembuhan maka lokasi yang satu ini sangat pas untuk dijadikan pilihan. Bagaimana tidak, kawasan wisata pemandian air panas Ciengang Garut ini dikenal dengan suhu airnya yang lebih tinggi dibandingkan dengan pemandian sejenis lainnya. Meski fasilitas di dalamnya tidaklah selengkap obyek pemandian air panas yang lain namun tetap ramai dikunjungi karena khasiat pengobatannya.

 

  • Wisata Cipanas Garut dan pilihan obyek wisata lainnya

Meski sangat populer dengan pemandian air panasnya namun lokasi wisata yang satu ini ternyata juga menyimpan potensi wisata yang lain. Kita bisa menikmati panorama keindahan alam pegunungan dari puncak gunung Guntur. Belum lagi adanya lokasi air terjun yang terletak di kaki gunung. Di sekitar kawasan cipanas, kita juga bisa mengunjungi berbagai lokasi wisata lain seperti darajat, talaga bodas, kamojang dan juga situ bagendit yang tidak kalah populer. Suka dengan pantai? Ada pantai santolo yang juga tak kalah indah untuk dikunjungi.

Tips dan trik untuk berwisata ke kawasan wisata cipanas garut

Sebelum mengupas mengenai tips dan juga trik berkunjung ke wisata Cipanas Garut maka ada baiknya untuk mengetahui lebih banyak tentang kawasan ini. Daerah yang juga dikenal sebagai Swiss Van Java ini sendiri terletak tidak begitu jauh dari Bandung yakni hanya sekitar 1,5 sampai dengan 2 jam dari Bandung. Dengan kesejukan udara khas wisata alam pegunungan dan beragam wahan serta atraksi yang disajikan maka wisata yang satu ini banyak sekali menarik animo pengunjung.

Tips untuk nyaman berkunjung ke garut:

  • Berkunjung ke kawasan wisata ini sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama karena bisa ditempuh selama 4 sampai dengan 6 jam perjalanan dari Jakarta. Jadi berkunjung di akhir pekan adalah pilihan yang pas untuk melepas penat selepas seminggu berkutat dengan sibuknya jadwal pekerjaan di ibu kota.
  • Sarana transportasi yang bisa dipilih beragam mulai dari mobil pribadi ataupun bus. Jika menggunakan bus maka bisa menggunakan bus Primajasa dari terminal lebak bulus, cililitan atau terminal bekasi dengan kisaran tarif sebesar 50 ribu rupiah.
  • Jika ingin mengunjungi obyek wisata yang tidak terlalu jauh dari pusat kota maka bisa memilih berkunjung ke candi cangkuang yang merupakan peninggalan sejarah dari abad Hindu ke 8. Sesampainya disana, kita bisa menggunakan rakit untuk bisa melihat lokasi candi dengan lebih dekat baru beralih ke situ bagendit, pemandian di kawasan cipanas, mengelilingi dan berbelanja ke sentra kerajinan kulit baru mencoba kuliner khas daerah Garut.
  • Jika menyukai aktivitas yang memacu adrenalin maka bisa mencoba untuk trekking di tebing kawah gunung papandayan. Tidak hanya gunung papandayan, kita juga bisa menjelajah gunung Guntur dan gunung cikuray. Bagi yang menyukai kawasan pantai maka bisa mengunjungi pantai santolo yang bisa ditempuh selama 3 jam perjalanan.
  • Bersantai dan menikmati kawasan wisata air panas. Kita bisa memilih diantara  beberapa lokasi wisata pemandian air panas yang ada antara lain cipanas, darajat, kawasan papandayan dan talaga bodas.

One Reply to “Wisata Cipanas Garut, Lengkap dengan Tips dan Trik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *