Wisata di Karawang

5 min read

curug cigentis

Wisata di Karawang memiliki keragaman. Sebagai daerah yang dikenal sebagai tempat yang bersejarah, salah satu area di Jawa Barat ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Tidak hanya wisata alam, disini kita juga bisa mengunjungi wisata sejarah, religi, modern, budaya hingga kuliner.

Berikut ini ada 10 wisata di karawang terbaik yang bisa kita jadikan referensi :

Vihara yang satu ini sangat popular sebagai salah satu yang tertua di Kabupaten Karawang. Terletak di jalan Rangga Gede 1 Desa Tanjung Pura atau sekitar 4 km dari pusat kota, vihara ini tidak hanya ramai dikunjungi etnis Tionghoa tapi juga berbagai wisatawan dari berbagai bangsa. Rumah ibadah ini dibuka untuk umum sejak tahun 1770. Sejak saat itu, vihara ini ramai oleh pengunjung bahkan para wisatawan dari luar negeri.

Agar semakin menarik wisatawan, pihak pengelola vihara banyak mengadakan acara seperti upacara pergantian tahun, Potumuguna dan barongsai. Bagi pengunjung, pihak pengelola hanya mengenakan biaya parkir serta kebersihan. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk beramal bagi vihara ini. Jika ingin mengunjungi lokasi vihara ini maka kita tinggal naik angkutan umum dengan trayek Tanjung Pura-Karawang yang melalui kota Bogor.

  • Danau Cipule

Danau ini sejatinya merupakan danau yang terbentuk karena kegiatan penambangan di tepian sungai Citarum, Karawang, Jawa Barat. Dengan luas danau sebesar 90 hektar dan kedalaman sekitar 2 meter, danau ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat cantik. Uniknya, di tengah danau ada sebuah pulau yang diberi julukan pulau cinta. Pulau kecil dengan luas 2 km ini memiliki fasilitas yang bisa dibilang cukup lengkap seperti warung makan dan jajanan.

Saar permukaan air danau sedang surut maka danau ini berubah menjadi rawa-rawa dengan tumbuhan enceng gondok di permukaannya. Meski hanya memiliki kedalaman sekitar 2 meter dan terbilang dangkal namun danau ini pernah dijadikan lokasi lomba dayung tingkat Sea Games. Untuk menuju lokasi wisata yang satu ini maka kita bisa menuju ke Desa Walahar sekitar 3 km arah selatan dari bendungan walahar. Jika kita berangkat dari pusat kota Karawang maka jarak yang harus kita tempuh adalah sekitar 20 km.

baca juga : Green Canyon Bogor

  • Taruma Leisure Waterpark

Destinasi wisata air yang satu ini terletak di kawasan perumahan Taruma di jalan Tarumanegara, Karwang. Tempat yang didirikan sejak tahun 2013 ini sendiri menjadi salah satu waraga Karawang dan sekitarnya untuk menghabiskan liburan. Tiket masuknya sendiri dibanderol seharga 50 ribu di hari Senin sampai dengan Jum’at dan 60 ribu di akhir pekan atau musim liburan. Dengan membayar tiket seharga ini maka kita sudah bisa mendapatkan bermacam fasilitas seperti kiddy pool, wave pool, twin slide, lazy river dan leisure pool.

Taruma Leisure Waterpark
https://www.instagram.com/frontonekarawang/

Leisure pool sendiri merupakan lokasi yang tepat bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu dengan berendam santai sambil terapi air. Untuk fasilitasnya sendiri, lokasi wisata yang satu ini cukup lengkap karena sudah tersedia bermacam fasilitas pendukung seperti loker, kamar ganti, ruang bilas, posko kesehatan, tempat parkir dan juga food court. Ketersediaan beragam fasilitas ini sangat memudahkan pengunjung yang sedang menghabiskan liburan di lokasi ini.

  • Candi Jiwa

Sebagai bagian dari situs purbakala tepatnya Situs Batujaya maka candi ini berlokasi di tengah areal persawahan dan juga pemukiman penduduk. Lokasinya sendiri tidak jauh dari daerah pesisir utara Karawang. Bentuk candi ini cukup unik karena berbentuk seperti gundukan tanah oval dengan tinggi sekitar 4 meter. Candi ini berukuran seluas 19 x 19 meter dengan permukaan susunan batu bata seluas 6 meter. Keunikan candi ini dibandingkan dengan candi pada umumnya adalah adanya susunan batu bata dengan warna yang lebih gelap.

candi jiwa
photo by https://www.instagram.com/infokrw/

Umat Buddha juga sering mengadakan ritual keagamaan di candi ini. Begitu saatnya ritual keagamaan tiba maka umat Buddha akan mengelilingi candi searah jarum jam. Jika ingin menuju ke tempat wisata ini maka tinggal menggunakan angkutan umum dengan rute arah Rengasdengklok. Jika berangkat dari Jakarta maka akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 3 jam untuk bisa sampai ke candi Jiwa.

  • Kampung Budaya Karawang

Lokasi wisata di Karawang ini hanya berjarak sekitar 2 km dari gerbang tol Karawang Barat yang menjadi penghubung antara Jakarta dan Karawang. Destinasi wisata ini dibangun oleh pemerintah Karawang dengan bekerja sama bersama Dinas Kebudayaan setempat di tahun 2015. Pembangunan lokasi wisata ditujukan sebagai bentuk usaha untuk melestarikan kebudayaan dan seni dari seniman asli daerah Karawang.

Saat tiba di area kampung maka pengunjung akan langsung disambut dengan pemandangan persawahan dan bangunan yang lekat dengan kekhasan adat Sunda. Selain itu, disini juga bisa ditemukan adanya 2 sanggar tari yang masih aktif berkegiatan yaitu sanggar tari jaipong dan pedalangan. Asyiknya lagi, sanggar ini tidak hanya dibuka bagi masyarakat setempat melainkan juga terbuka bagi para wisatawan yang datang. Untuk memenuhi kebutuhan pengunjung, disini telah disediakan beragam fasilitas antara lain aula umum, rumah makan khas Sunda dan tempat ibadah.

  • Curug Cigentis

Air terjun cantik ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Lokasi wisata ini sangat terkenal di kalangan wisatawan sebagai tempat untuk para pecinta trekking, hiking, bersepeda dan olahraga alam lainnya. Tidak hanya menyuguhkan panorama air terjun yang indah, lokasi wisata ini juga sangat sejuk mengingat banyaknya pepohonan hijau disekitarnya. Untuk memasuki lokasi kita hanya akan dipungut biaya masuk sebesar 2500 saja. Bagi pengendara motor akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu sementara pengendara mobil akan dikenai biaya 7500.

wisata di karawang curug cigentis
photo by https://www.instagram.com/nunuprast/

Dari area pintu masuk, kita harus menempuh rute berjalan kaki sejauh 250 meter dengan rute yang cukup ekstrim. Begitu sampai kita akan banyak menemui ragam fasilitas yang ada antara lain kolam renang, mini waterpark, ATV, arena outbound dan juga villa serta penginapan. Jika datang dari arah Jakarta maka obyek wisata yang satu ini bisa dijangkau dengan melewati rute tol Cikampek dan keluar di pintu tol Kantor Asper baru melanjutkan perjalanan ke arah Parakan Badak dan Desa Jayanti.

  • Wonderland Adventure Waterpark

Dikenal sebagai wahana wisata air terbesar di daerah Karawang, obyek wisata yang satu ini memiliki luas sekitar 3,4 hektar dan dilengkapi dengan wahana permainan yang cukup lengkap. Begitu memasuki area maka pengunjung akan disambut dengan gerbang layaknya kerajaan di negeri dongeng. Di lokasi ini kita akan bisa menemukan beragam wahana antara lain Gorilla slide, sundown amphi, funny pool, gua stalaktit, pirates attack, adventure river, animal kingdom, Niagara waterfall dan volcano wave.

Tidak hanya kaya akan keragaman wahan airnya, pengunjung juga akan dimanjakan dengan fasilitas lain seperti fitness center, flying fox, lapangan futsal dan wahana outbond. Tiket masuk ke wahana ini sendiri bisa dibilang cukup terjangkau karena ada di kisaran 65 ribu untuk weekday dan 85 ribu di saat weekend. Jam operasional lokasi wisata ini mulai jam 9 pagi sampai dengan 6 sore di hari Senin sampai dengan Jum’at. Seentara untuk akhir pekan akan dibuka hingga pukul 7 malam. Meski demikian, loketnya sendiri hanya akan dibuka sampai dengan pukul 5 sore.

  • Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Begitu mendengar nama Rengasdengklok maka pastinya kita sudah tidak asing lagi mengingat lokasi ini mengambil bagian penting dalam sejarah Proklamasi Republik Indonesia. Disini didirikan monument untuk memperingati peristiwa ini. Monument yang berupa replika naskah proklamasi dari material beton menyangga bola ini memiliki ukiran 17 Agustus 1945. Di bagian belakangnya ada sebuah dinding yang melengkung dengan tambahan relief peristiwa proklamasi. Memasuki monument ini tidak dikenakan biaya dan bisa diakses setiap hari selama 24 jam.

  • Pantai Pelangi

Rute menuju pantai pelangi yang berjarak sekitar 35 km dari pusat kota Karawang ini kita harus melewati kecamatan Pedes. Selamamenempuh 2 jam perjalanan, kita akan disegarkan oleh pemandangan sawah serta ladang yang menghijau. Tiket masuk ke lokasi wisata ini adalah 5 ribu rupiah. Ombak di area pantai juga cukup tenang sehingga para pengunjung akan tetap aman dan bebas untuk melakukan berbagai aktivitas di sekitar pantai seperti berenang dan bermain pasir. Di sepanjang tepian pantai juga terdapat warung makanan dengan harga yang terjangkau.

  • Goa Dayeuh

Goa dengan panjang 300 meter ini sangat popular di Karawang. Bagaimana tidak, goa yang teridri atas 4 goa besar dan beberapa goa kecil ini dikelilingi hutan dengan pepohonan hijau yang menjulang. Yang menjadi keunikan sekaligus keindahan goa ini adalah adnya fosil moluska serta hewan laut di bagian stalaktit Goa Dayeuh. Menurut penelitian, hal ini dimungkinkan karena di zaman purbakala goa ini adalah lautan. Bagi yang tertarik mengunjungi goa ini hanya cukup membayar 5 ribu rupiah saja. Cukup murah untuk pemandangan menkajubkan bukan?

  • Danau Resinda

Danau yang satu ini terletak di purwadana, teluk jambe timur, Karawang. Untuk tiket masuknya sama sekali tidak dikenakan biaya dan dibuka selama 24 jam penuh. Danau buatan yang terkenal untuk spot memancing ini bisa kita akses dengan menyewa perahu milik nelayan setempat dengan harga yang sesuai dengan kesepakatan.

  • Pantai Tanjung Pakis

Berlokasi di daerah Tanjung Pakis, Pakis Jaya, pantai yang satu ini dibuka selama 24 jam dengan harga tiket masuknya sebesar 25 ribu rupiah. Disini kita bisa menikmati wisata pantai dengan pasirnya yang berwarna coklat kehitaman. Jika ingin sekedar bersantai menikmati pemandangan maka kita bisa beristirahat di gazebo dan menikmati seafood pinggir pantai atau bahkan menyewa perahu.

  • Pantai Samudra Baru

Pantai yang satu ini dibuka selama 24 jam dengan harga tiket parkir dan masuk untuk motor adalah sebesar 15 ribu sedangkan untuk mobil adalah 30 ribu.

itulah 10 destinasi Wisata di Karawang, tunggu apalagi, segera persiapkan liburan akhir pekan anda untuk menikmati keindahan alam dan budaya Karawang. Selamat berlibur.

One Reply to “Wisata di Karawang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *